PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR

sri oktari, Nengah Maharta, chandra ertikanto

Abstract


The research of development are developing worksheets based guided inquiry on material Temperature and Heat, describing the attractiveness, the easiness, and the expediency, and also the effectiveness of product. The model used research and development model included analysis of need, learning objectives, materials, instrument of success, first manuscript, prototype production, evaluation, final manuscript, revision, product test, and final product. The result of product LKS in SMAN 14 Bandar Lampung showd attractivenesss value which got score 3.52 (attractive), easinesss 3.49 (very easy), and expediencys 3.48 (useful), and 82.14% of students have completed KKM is 76. Based on these result of development research, it can be cocluded that this LKS was attractive, very easy, useful and effective as a learning media.


Tujuan penelitian pengembangan adalah mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi Suhu dan Kalor dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan, meliputi analisis kebutuhan, tujuan pembelajaran, butir-butir materi, alat ukur keberhasilan, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, naskah akhir, revisi, uji coba produk, dan produk final. Hasil uji produk LKS di SMAN 14 Bandar Lampung menunjukkan nilai kemenarikan dengan skor 3,52 (menarik), kemudahan dengan skor 3,49 (sangat mudah), dan kemanfaatan dengan skor 3,48 (bermanfaat), dan 82,14% siswa telah tuntas KKM yaitu 76. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan LKS yang dikembangkan menarik, sangat mudah, bermanfaat, dan efektif sebagai suatu media pembelajaran.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa, pengembangan, suhu dan kalor


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Borg, D. Walter, Joyce P. Gall & Meredith D. Gall. 2003. Educational Research An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Fraenkel, Jack R., & Norman E. Wallen. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: The McGrow-Hill Companies, Inc.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusdi. 2008. Lngkah-Langkah dalam Persiapan Lembar Kerja Siswa. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, A. S., Raharjo, danAnung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suhandana, Anggun. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: CV Alfabeta.

Sukamto, H. 2009. Dasar Dasar Pembuatan LKS yang Baik dan Benar sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana.

Suparno. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susilana, R. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, E. dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009, 20.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.