KUIS INTERAKTIF UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PENGAMATAN SISWA PADA MATERI KINEMATIKA DAN DINAMIKA
Abstract
This research aimed to develop an interactive quiz that attractive, easy, useful and effective to train the observation ability on the kinematics and dynamics. The development included need analysis, design of product, expert validation, first revision, test-drive limited, second revision, field test, third revision and final product. The field test was tried out to the students grade X MIPA 6 SMA Negeri 1 Metro. The result of the field test showed that the attractiveness score of interactive quiz was 3.64 (very attractive), easiness score was 3.48 (very easy) and usefulness score was 3.67 (very useful). Based on KKM that applied in the class, there was 86.00 % of the students have completed the test with the average score was 82.76. Based on these results, it can be concluded that interactive quiz was very attractive, very easy, very useful and effective as media to train observation ability of the students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis interaktif yang menarik, mudah digunakan, bermanfaat dan efektif untuk melatih kemampuan pengamatan pada materi kinematika dan dinamika. Pengembangan tersebut meliputi analisis kebutuhan, desain produk, validasi ahli, revisi pertama, uji coba terbatas, revisi kedua, uji lapangan, revisi ketiga dan produk akhir. Uji lapangan dicobakan kepada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Metro. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa, skor kemenarikan dari kuis interaktif adalah 3,64 (sangat menarik), skor kemudahan 3,48 (sangat mudah) dan skor kemanfaatan 3,67 (sangat bermanfaat). Berdasarkan KKM yang digunakan di kelas, sebanyak 86,00 % siswa tuntas, dengan nilai rata-rata 82,76. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif sangat menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat dan efektif digunakan sebagai media untuk melatih kemampuan pengamatan siswa.
Kata kunci: dinamika, kemampuan pengamatan, kinematika, kuis interaktif
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 81a tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Kemendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mbanarti. 2011. Tutorial Whondershare Quiz Creator. Online. Tersedia di http://www.slideshare.net/mbanarti /tutorialwonder-share-quiz-creator. Diakses pada 21 Agustus 2014.
Nurhayati dan Sappe. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Rochmah, Eliya. 2013. Rasio Keefektifan penyelengaraan sistem evaluasi bentuk elektronik test menggunakan Wondershare Quiz Creator dan Paper Test ditinjau dari tes hasil belajar siswa pada materi aplikasi pengolah kata di MAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sadiman, Arief S. Rahardjo. Haryono, Anung. Rahardjito. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarna, Iwan Permana dan Citra. 2014. Pengembangan media audio-visual (video) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Wedjo, Silverster Sila. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.