Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Word Search Puzzle Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media visual word search puzzle terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design.Sampel dalam penelitian peserta didik kelas V dengan jumlah 17 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa fhitung=15,66 ≥ ftabel=4,54. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media visual word search puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Keywords: learning results, media word search puzzle, model teams games tournament
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT) Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.https://doi.org/10.24853/holistika.5.2. 104-111
Akhmad, N., Sulastry, T., & Yunus, M. 2022. The Effect of Word Search Puzzle Games In Cooperative Learning Type of TGT (Teams Games Tournament) Toward Class X SMA Negeri 1 Baraka Hydrocarbon Subject Matter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 3(3), 144–152. DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.39338
Ali, M. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal Paud, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Andari, E. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65-79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694.
Dewi, N.K.H.L. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 6 Batur. Jurnal Pendidikan Deiksis, 4(2), 31-39. https://doi.org/10.59789/deiksis.v4i2.115
Dicky, S. 2020. Media Buku Cerita: Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180-189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99
Djamaluddin, A. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Garwan, S., & Naniek, J. 2020. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Word Search Game di Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Ternate. Edukasi, 18(1), 183–192. https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1587
Hasanah, U., Wijayanti, R., & Metty, L. 2020. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104– 111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334
Istiningsih, G., Minchah, E., & Priharlina, E. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang 102 Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103. https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.94-103
Linggasari, E., & Endi, R. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Literasi, 8(1), 40-62. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Mailawati. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Word Search Puzzle Terhadap Minat Belajar Pendidkan Kewarganegaraan Kelas VIII Di SMPN Muhammdiyah 49 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Marwati, E., Anugrahana, A., Betris, P., & Ariyanti, Y. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601-2607. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5609
Maulizan, A. Z., Wahyuni, S., & Maulidar, J. 2021. Improving Students Vocabulary Through Word Search Puzzle: A Classroom Action Research. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 115-121. https://almufi.com/index.php/AJMAEE/article/view/100
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. 2022. Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192.
Mulyaningsih. 2020. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 29–40. https://jurnal.iainbone.ac.id/index.php/algurfah/index
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Sesiomadika, 2(3), 659-663.
Nurhadi. 2020. Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurlina, H. A., Masruro, Z., Siti, Z. Saragih, R. H., Siti, S., Simamora, & Toni. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Parwati & Nyoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rahayu, A., Nursalim, & Fitri, A. 2021. Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36–48. https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2201
Rohimajaya, N.A., Hartono, R., Yuliasri, I., Fitriati, S.W. 2022. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 5(1), 825-829.
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sujana, I. W. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Supriyanto. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(1), 10–18. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11619
Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Yurnaliza, R., & Totoh, A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Cived Jurusan Teknik Sipil, 6(4).1-4. https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.107046
Refbacks
- There are currently no refbacks.