Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Word Search Puzzle Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT) Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.https://doi.org/10.24853/holistika.5.2. 104-111
Akhmad, N., Sulastry, T., & Yunus, M. 2022. The Effect of Word Search Puzzle Games In Cooperative Learning Type of TGT (Teams Games Tournament) Toward Class X SMA Negeri 1 Baraka Hydrocarbon Subject Matter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 3(3), 144–152. DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v3i3.39338
Ali, M. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal Paud, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Andari, E. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65-79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694.
Dewi, N.K.H.L. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 6 Batur. Jurnal Pendidikan Deiksis, 4(2), 31-39. https://doi.org/10.59789/deiksis.v4i2.115
Dicky, S. 2020. Media Buku Cerita: Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180-189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99
Djamaluddin, A. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Garwan, S., & Naniek, J. 2020. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Word Search Game di Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Ternate. Edukasi, 18(1), 183–192. https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1587
Hasanah, U., Wijayanti, R., & Metty, L. 2020. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104– 111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334
Istiningsih, G., Minchah, E., & Priharlina, E. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang 102 Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), 94–103. https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.94-103
Linggasari, E., & Endi, R. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Literasi, 8(1), 40-62. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Mailawati. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Word Search Puzzle Terhadap Minat Belajar Pendidkan Kewarganegaraan Kelas VIII Di SMPN Muhammdiyah 49 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Marwati, E., Anugrahana, A., Betris, P., & Ariyanti, Y. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601-2607. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5609
Maulizan, A. Z., Wahyuni, S., & Maulidar, J. 2021. Improving Students Vocabulary Through Word Search Puzzle: A Classroom Action Research. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 115-121. https://almufi.com/index.php/AJMAEE/article/view/100
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. 2022. Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192.
Mulyaningsih. 2020. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 29–40. https://jurnal.iainbone.ac.id/index.php/algurfah/index
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Sesiomadika, 2(3), 659-663.
Nurhadi. 2020. Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurlina, H. A., Masruro, Z., Siti, Z. Saragih, R. H., Siti, S., Simamora, & Toni. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Parwati & Nyoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rahayu, A., Nursalim, & Fitri, A. 2021. Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36–48. https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2201
Rohimajaya, N.A., Hartono, R., Yuliasri, I., Fitriati, S.W. 2022. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 5(1), 825-829.
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sujana, I. W. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Supriyanto. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(1), 10–18. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11619
Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Yurnaliza, R., & Totoh, A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Cived Jurusan Teknik Sipil, 6(4).1-4. https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.107046
Refbacks
- There are currently no refbacks.