PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA MELALUI MODEL DL DAN PjBL
Abstract
This research aims to know the difference of students learning results in IPS Terpadu subject and the effectiveness of DL and PjBL in IPS Terpadu subject at the seventh grade students of SMP Negeri 1 Pagelaran. This research used experimental method method with a comparative approach. The population were 319 students and the sample was two classes which divided into 31 students of experiment class and 32 students of control class. The sample was taken by using cluster sampling. The data were collected by using interview, observation, documentation and test. The data were analyzed by using T-test Two Sample Independent and Formula of N-Gain. The result of this research showed that: (1) There is a difference of average of students learning results in IPS Terpadu subject who taught by using DL and students who taught by using PjBL, (2) There is a difference of effectiveness between the use of DL and PjBL.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa dan efektivitas model pembelajaran DL dan PjBL pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pagelaran. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi berjumlah 319 siswa dan sampel sebanyak dua kelas yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Sampel ditentukan melalui teknik cluster sampling. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan T-test Dua Sampel Independen dan rumus N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar menggunakan model DL dengan siswa yang diajar menggunakan PjBL, (2) Ada perbedaan efektifitas antara model DL dan model PjBL.
Kata kunci: DL, hasil belajar, PjBL
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Indarti. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XSMAN 8 Malang. Universitas Negeri Malang. Malang. Diakses 23 September 2014 dari http://digilib.unimal.ac.id
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Diakses 2 Maret 2015 dari https://docs.google.com/document/export?format=pdf
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No.20. Jakarta: Sekretariat Negara
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Sasmira, Nova. 2009. Efektivitas metode Discovery Learning dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Mengenal Alat-Alat Kantor Kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Medan. Universitas Negeri Medan diakses dari http://unimed.ac.id
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyadi, Agus. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Pontianak. Universitas Tanjungpura. Diakses dari http://unitan.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8343
Refbacks
- There are currently no refbacks.