IMPLEMENTASI MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA

Laili Rahmi

Abstract


This study was action research in Serdang Bedagai which used 135 students as subjects. The techniques sampling data were cluster sampling. The result data were obtained using tests as well as evaluating the ability of students' skills using a questionnaire. The research hypothesis was tested using Anova and Tukey test. These results indicated that (1) there was significant influence of the learning outcomes of students that were taught by cooperative learning model GI with conventional learning, (2) learning outcomes of students which learning by model GI was better than the learning conventional model. Students' social skills were also better. The results of students response based on four indicators, there were cooperating among the students in the group, responsibility fellow students, expressing opinions in the form of oral and written, as well as the interaction and tolerance.


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah 135 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling. Data hasil tes belajar biologi diperoleh dengan menggunakan tes, serta penilaian kemampuan kecakapan siswa menggunakan angket. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anova dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil ini menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran GI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kecakapan sosial siswa juga lebih baik. Hal ini terlihat dari respon siswa berdasarkan keempat indikatornya yaitu: bekerjasama sesama siswa dalam kelompok, tanggung jawab sesama siswa, mengemukakan pendapat dalam bentuk lisan dan tulisan, serta interaksi dan toleransi.

Kata kunci: group investigation, hasil belajar, kecakapan sosial, pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas, 2003. Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup. (Online), (http://www. puskur.net, diakses 12 September 2012).

Dzaki, F., 2009. Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif. (Online), (http://penelitian tindakan kelas.blogspot.com/ 2009/03/kelemahan-model-pembelajaran-kooperatif.html, diakses 29 Januari 2012).

Hall, T. 2012. Peer Mediated Instruction and Intervention. (Online), (http://www.cast. org/publication/neac/neac-peermil.html, diakses 23 Januari 2012).

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kamal, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Mind Map terhadap Hasil Belajar dan Kecakapan Sosial Mahasiswa. Tesis tidak dipublikasi. Medan: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Muhfida. 2011. Model-model Pembelajaran. (Online), (http://muhfida.com/modelpembelajaran/, diakses 11 Februari 2012).

Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press. Universitas Negeri Malang.

Rahayu, S. 2004. Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum 2004. Makalah disajikan dalam Seminar dan Workshop Calon Fasilitator. Malang: UM-MGMP MIPA.

Slavin. 1996. Research on Cooperative Learning and Achievement: What We Know, What We Need to Know. Contemporary Educational Psychology Journal. Vol. 21, No. 4: 4369.

Sudrajat. 2009. Pembelajaran Group Investigation. (Online), (http:// akhmadsudrajat.wordpress.com/startegi-pembelajaran-koopera tif metode-group-investiga tion/, diakses 14 Januari 2012.

Soewolo. 2004. Pembelajaran Kooperatif. Makalah disajikan dalam Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Malang: UM-MGMP MIPA.

Yamin, H, M. 2008. Paradigma pendidikan konstuktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.