PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Janggan Asmoro Adhi Putranto, Rini Rita T Marpaung, Berti Yolida

Abstract


This research purpose was to know the effect of discovery learning toward students critical thinking skill of SMPN 1 Gadingrejo. The design was pretest-protest non-equivalent. The sample were students of class VII2 and VII3, that were selected by purposive sampling. Data were obtained from pretest, posttest, and N-Gain, which were analyzed by t-test and u-test. Data of students activity which were obtained from observation sheet was analyzed descriptively. The result showed that N-Gain score of experimental class was 64,80 significantly different from control class which was 43,92. The average of critical thinking skill has criteria for each indicators. Giving basic explanation was very good, making basic skill was good, giving further explanation was good, and concluding was good. Therefore, it can be concluded that discovery learning was effected in improving students critical thinking skill.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Gadingrejo. Desain penelitian adalah pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII2 dan VII3 yang dipilih secara purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain, dianalisis menggunakan uji-t dan uji-u. Data aktivitas dari lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dari rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 64,80 berbeda signifikan dengan kelas kontrol 43,92. Rata-rata aktivitas kemampuan berpikir kritis memiliki kriteria untuk setiap indikator. Memberikan penjelasan dasar berkriteria Sangat Baik, membangun keterampilan dasar berkriteria Baik, memberikan penjelasan lanjut berkriteria Baik, dan menyimpulkan berkriteria Baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model discovery learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, pengaruh model



Full Text:

PDF

References


Arbaitin, N. 2010. Pengaruh Metode Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMPN 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2009/2010 (Skripsi). Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. (Online). (http://www.depdiknas.co.id, diakses 15 Januari 2015)

Depdiknas. 2006. Mutu Pendidikan Berdasarkan Undang-Undang. (online). (http://www.depdiknas.go.id, diakses 15 Januari 2015)

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SMP/MTS. Jakarta: Depdiknas.

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kemendikbud. 2013. Hasil SMP Sederajat Tahun Ajaran 2012/2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muchlis, A. 2013. Sekali Lagi, Gawat Darurat Pendidikan. (online). (http://www.bin-cangedukasi.com/sekali-lagi-gawat-darurat-pendidikan/ 14 Desember 2014; 19.00 WIB).

Pratiwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Purwaningsih. 2002. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing melalui Model Eksperimen terhadap Prestasi belajar Fisika pada Siswa SMU Muhammadiyah I Nganjuk. Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto, N. dan Sulistyastuti. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, R. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ihksan Pamarican. Jurnal Ilmiah. Vol. 3 No. 1. Jawa Barat. Uhamka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.