PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Indah Surya Pertiwi, Rini Rita Marpaung, Berti Yolida

Abstract


The aim of this research was to find out the effect of Discovery Learning toward critical thinking skill. The research used pretest-posttest non-equivalen design with class VIIA and VIIB as the samples which were selected by purposive sampling. The quantitative data, critical thinking skill, was obtained from the average score of the pretest and posttest and N-gain which were analyzed by t-test and u-test. The qualitative data, critical thinking skill, was obtained from observation sheet and was analyzed descriptively. The results showed that the students critical thinking skill had improved with the average N-gain score of the experimental class, 62.80 was different significantly from the control class, 27.49. The activity of giving basic explanation, building basic skill, making further explanation, and concluding had Very High criteria. Thus, Discovery Learning Model improved the critical thinking skill in learning.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest tak ekuivalen dengan sampel siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan nilai pretest, posttest dan N-gain, diuji menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 62,80 berbeda signifikan dengan kelas kontrol (27,49). Aktivitas memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan lanjut, dan menyimpulkan berkriteria Sangat Tinggi. Sehingga, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, pengaruh model

Full Text:

PDF

References


Aghnia, E. W. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Diskoveri Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Alisyani. 2011. Mengungkap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Metode Diskoveri pada Materi Pokok Fotosintesi. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arbaitin, N. 2010. Pengaruh Metode Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMPN 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Noer, S. H. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/, diakses pada 12 Januari 2015; 09.08 WIB).

OECD. 2013. Asian countries top OECDs latest PISA survey on state of global education. (Online). (http://www.oecd.org/newsroom/asian-countries-top-oecd-s-latest-pisa-survey-on-state-of-global-education.htm, diakses pada 26 Februari 2015; 06.30 WIB).

PISA, 2012. Snapshot of Performance in Mathematics, Reading and Science. (Online). (http://www.oecd.org/-pisa/-keyfindings/PISA-2012-results-snapshot-Volume-I-ENG.pdf, diakses pada 2 Januari 2015; 08.57 WIB).

Purwanto, N. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.