PERBANDINGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Intania Riska Putrie, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this research was to know the differences in learning outcomes of students cognitive and affective aspects between Guided Discovery Model with Guided Inquiry Model. The design of this research was the randomized pretest-posttest control group design. The quantitative data were obtained from pretest, posttest, N-gain that were analyzed by t test and U test. The qualitative data were affective aspect which obtained and analyzed descriptively using observation sheet. The result of this research showed that the average N-gain of experiment class II (71.21) with high criteria was better than the experiment class I (43.69) with medium criteria. Then, students result in affective aspect in experiment class II was 71.69 with good criteria, while the experiment class I was 68.75 with enough criteria. Thus, Guided Inquiry model is better than Guided Discovery Learning in improving student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa dalam menggunakan model Guided Discovery dengan Guided Inquiry. Desain penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data kuantitatif, diperoleh dari pretest, posttest, N-gain yang dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji U. Data kualitatif berupa hasil belajar aspek afektif yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain kelas eksperimen II (71,21) dengan kriteria tinggi lebih baik dibandingkan kelas eksperimen I (43,69) dengan kriteria sedang. Rata-rata hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen II (71,69) berkriteria baik, sedangkan kelas eksperimen I (68,75) berkriteria cukup. Dengan demikian, model pembelajaran Guided Inquiry lebih baik dibandingkan Guided Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci: guided discovery learning, guided inquiry, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Dwiguna, H. 2013. Perbandingan Penggunaan Model Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) dan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. 73 hal.

Fraenkel, J. R. dan N. E. Wallen. 1993. How To Design and Evaluate Research In Education. San Fransisco United State: San Fransisco University. 571 hal.

Hamiyah, N. dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka. 294 hal.

Hermawan, E. dan M. Sondang. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Guided Discovery dengan Model Inquiry pada Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK N 2 Surabaya. Volume 2. No. 1. [Artikel]. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 39 hal.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. 456 hal.

Jaya, A. I. 2013. Perbandingan Penerapan Metode Discovery-Inquiry Terbimbing dengan Metode Ceramah Bervariasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Volume 10. No. 1. [Artikel]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 9 hal.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. 170 hal.

Loranz, D. 2011. Gain Score. Online. http://www.tmcc.edu/vp/acstu/ assessment/downloads/documents/reports/archives/discipline/0708/SLOAPHYS Disciplin Rep0708.pdf. (14 Januari 2015; 20:00 WIB).

Musfiroh, T. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana. 234 hal.

Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 284 hal.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 195 hal.

Suryani, N. dan L. Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI). 211 hal.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 223 hal.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 376 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.