PROFIL KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MEMBUAT RPP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Septia Dies Nurcahyani, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


This research was aimed to know the teachers ability in designing lesson plan of science subject at class seven in Junior High School Bandar Lampung. Research design used descriptive research were qualitative data. Sample of this research were six science teachers were chosen by using purposive sampling. The result of the research showed that teacher ability in designing science lesson plan of curriculum 2013 have 84,28% with high criteria includes the ability of teachers to write down the identity of subjects, formulating the indicator, formulate the learning objectives, the selection of teaching materials, the selection of learning resources, learning media selection, specify model of learning, learning scenarios. So, the teachers ability in high criteria designing lesson plan was in high criteria on Junior High School in Bandar Lampung.

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Mata Pelajaran IPA kelas VII SMP di Bandar Lampung. Desain penelitian, yaitu penelitian deskriptif sederhana dengan berupa data kualitatif. Sampel penelitian,yaitu 6 guru mata pelajaran IPA yang dipilih secara purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan enam guru IPA kelas VII SMP dalam membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013 memperoleh persentase rata-rata 84,28% berkriteria tinggi meliputi kemampuan guru dalam menuliskan identitas mata pelajaran, merumuskan indikator, merumuskan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media belajar, menentukan model pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru IPA SMP di Bandar Lampung dalam membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013 berkriteria tinggi.

Kata kunci: IPA, kemampuan guru, kurikulum 2013, RPP



Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal (Online). (http:// journal-info-singkat-VI-15-I-P3DI-Agustus-2014-56.pdf, diakses pada 24 Maret 2015 Pukul 20:09 WIB).

Hampuni, F.V. 2011. Profil Kemampuan Mengajar Guru Sains Kelas VIII Berdasarkan Standar Proses Pada SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ismanto, E. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Aliyah (MA) Di Kudus. (Online). (http://lib.unnes.ac.id/16885/1/1103503020.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.18 WIB).

Kurniasih, I. dan B. Sani. 2014. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, Sri. 2010. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. (Online). ( http://eujournal-digilib.uin-suka.ac.id, Pdf, diakses pada 31 juli 2015; 09:29 WIB).

Mulyasa, H. E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyawan, Budi. 2013. Pengaruh Pengalaman dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru. (Online). (http://eujournal. Undiksha.ac.id, Pdf, diakses pada 31 juli 2015; 09:22 WIB).

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Permendikbud.

Safardi, 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Widoyoko, S. E. P. 2005. Kompetensi Mengajar Guru IPS Kabupaten Purworejo. (Artikel). http://www.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/Kompetensi-Mengajar-Guru-IPS-SMA-Kabupaten-Purworejo.pdf, diakses pada 24 April 2015; 16.48 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.