PROFIL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
This study was aimed to describe the teachers profile in the implementation of science learning based on curriculum 2013 of Junior High School in Bandar Lampung. There were 6 teachers samples taken from purposive sampling. Research data were qualitative data, consist of descriptions of implementation process of learning by the teachers. The observations sheets of the learning implementation were analyzed descriptively by comparing the standard processes and scientific approach. The results showed that the implementation of science teaching by teachers at class VII SMP in Bandar Lampung was in accordance with the standards process with average score of 66,41% in medium category and suitable with the scientific approach with average score of 53,33% in medium category. It could be concluded that the implementation of learning science based curriculum 2013 at the Junior High School in Bandar Lampung was in medium category.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan secara purposive sampling sehingga diperoleh 6 guru. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa deskripsi proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Data diperoleh dari lembar instrumen pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan dengan standar proses dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA oleh guru kelas VII SMP Negeri di Bandar Lampung telah sesuai dengan standar proses dengan skor rata-rata 66,41% berkategori sedang dan sesuai dengan pendekatan saintifik dengan skor rata-rata 53,33% berkategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung berkategori sedang.
Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran IPA, standar proses, pendekatan saintifik
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Asril, Z. 2012. Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Barber. S. M. dan F. John. 2014. The Learning Curve Education and Skills for Life. (Online). http://thelearningcurve.pearson.com/index/indexranking, diakses 12 Desember 2014: 09.35 WIB).
Djamarah, S. B. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliyanto. 2013. Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. (Artikel). (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=282667&val=7202&title=pengaruh-jenjangpendidikan,-pelatihan,-dan-pengalaman-mengajarterhadap-profesionalismegurusma-muhammadiyahdikabupaten-kebumen.pdf, diakses pada 24 April 2015: 16.35 WIB. Vol. 1., no.1).
Firman. 2007. Pembelajaran Sains. Jakarta: Rineka Cipta.
Gurria. A. 2014. PISA 2012 Result in Focus What 15 year olds Know and What They Can Do With What They Know. (Online). (http://www.oecd.org/ pisa/ keyfindings/pisa-2012results-over-view.pdf, di akses pada 12 Desember 2014: 09.35 WIB).
Khalifah. 2009. Menjadi Guru yang Dirindu. Surakarta: Ziya Media.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Ramli, W. W., 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suryani, N dan L. Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Syaadah, E. 2013. Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Air dan Kesehatan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Artikel. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Waslaludin, dan S. Iyon. 2011. Analisis Kemampuan Merencanakan,Mengimplementasikan, dan Merefleksi Pembelajaran IPA Fisika dalam Kegiatan Lesson Study. (Online). (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/, di akses pada 16 Januari 2015: 11.15 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.