PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Wana Ginandi Putra, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of science process skills to the improvement of students' critical thinking skills in the structure and function of plant parts subject matter in Elementary School 1 Kampung Baru. The samples were students of IVB and IVA chosen by purposive sampling technique. The data of this research were quantitative and qualitative data. Quantitative data was obtained from the average test scores that were analyzed using t-test. The qualitative data was obtained from the observation sheet student learning activities that were analyzed descriptively. The results of the study showed that use of experimental class science process skills (KPS) gave an effect on the improvement of students' critical thinking skills. Thus, the use of science process skills could enhance critical thinking skills in the subject matter structure and function of plant parts by the students of SD Negeri 1 Kampung Baru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi bagian tumbuhan di SD Negeri I Kampung Baru. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVB dan IVA yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan penggunaan keterampilan proses sains (KPS) berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa. Dengan demikian, penggunaan Keterampilan Proses Sains dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis pada materi pokok struktur dan fungsi bagian tumbuhan oleh siswa SD Negeri 1 Kampung baru.

Kata kunci : aktivitas belajar, diskusi, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, struktur dan fungsi bagian tumbuhan.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Sosialisasi KTSP. Jakarta : Ditjen PMPTK, Depdiknas.

Djamarah dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Riyanto. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Semiawan. 1987. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia

Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Waryanto.1992. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berfikir Siswa SD Pinggiran Kota Bogor. Bandung : Disertasi UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.