PENGARUH ACTIVE LERANING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Emilia Yuliani, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


The aim of this study was to find out the effect of active learning on the improvement of students activity and their achievement. The design was non equivalence pre-test post test design. The research sample were students of class VIIA and VIIC that was selected by using purposive sampling. The quantitative data were the average score test, that was analyzed by t-test. The qualitative data was gotten by students activity that was analyzed descriptively. The result of students activity in experimental class was 76,40 with good criteria. The result of N-gain in experimental class was higher with 52.80. In line with this, the use of active learning has an effect on the improvement of students activity.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Active Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji t. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Nilai rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen (76,40) dengan kriteria baik. Hasil rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi (52,80). Dengan demikian, penggunaan Active Learning berpengaruh terhadap aktivtitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: active learning, aktivitas belajar, hasil belajar, pengelolaan lingkungan



Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Ber-basis Kompetensi SMP Mata Pelajaran Pengetahuan Alam. Depdiknas. Jakarta. (Online). (https://dnoeng.wordpress.com/2011/07/17/teori-pembelajaran -ipa/, diakses pada tanggal 8 Desember 2014.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan. 2013. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pem-belajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1. Voleme 8 (2): 158 (Online). (journal. uny.ac.id/in-dex.php/jep/article/viewFile/571/427, diakses pada tanggal 8 Desember 2014.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pen-didikan. Jakarta: SIC.

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Al-fabeta.

Sanjaya, W. 2011. Pembelajaran dalam Implementasi Ku-rikulum Berbasis Kom-petensi. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. 2009. Active Learning 101 Strategi Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa-media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Pro-gresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.