PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Jaka Wijaya, Tri Jalmo, rini rita T Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of science process skills to critical thinking skills and students learning activity. The samples of this research are students of III A and III B SDN 1 Kampung Baru chosen by Claster Random Sampling technique. The research used pre-test-post-test non equivalent design. The quantitative data were the learning result that were analyzed by using T-Test.The qualitative data were the observation sheet of learning activity and student responses that were analyzed descriptively. The result of students learning with N-gain average (57,34) is significantly different with class control (18,86). The increasing in the average of student learning activity of experiment class is (72,24%). Therefore, using science process skills can improved critical thinking skills and students activity on the material of Characteristics and Needs of Living Things.


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB SDN 1 Kampung Baru yang dipilih dengan teknik Claster random sampling. Desain penelitian menggunakan pretes-postes tak ekuivalen. Data kuantitatif berupa keterampilan berpikir kritis yang dianalisis menggunakan uji T. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 57,34 berbeda signifikan dengan kelas kontrol (18,86). Peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,24%. Sehingga, penggunaan keterampilan proses sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas siswa pada materi pokok Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup.

Kata kunci : keterampilan proses sains, ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, keterampilan berpikir kritis



Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Petunjuk Tekni Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Departemen Pen-didikan Nasional. Jakarta.

Cariyadi, Y. 2004. Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui metode Inkuiri Terpimpin disertai penggunaan LCD Proyektror Sebagai Penguatan Konsep

Dalam Pembelajaran Biologi. Universitas Muhamadyah. Surakarta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus

Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Depdiknas-Dikdasmen. Jakarta

Gunawan,W. 2004. Genius Learning Strategy. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Hasnunidah, Neni. 2009. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Organ Manusia. Dalam http:// pustaka ilmiah Unila Wordpress (16 Desember 2009).

Johnson, E, B. 2009. Contextual Teaching and Learning. Mizan Learning Center. Bandung.

Loranz, D. 2008. Gain Score. http://www.tmcc.edu./vp/acstu/assesment/downloads /documents/reports/archives/discipline/0708/SLOAPHYSDisiciplineRep0708.pdf.

Riyanto. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang. Malang.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Perdana Media. Jakarta.

Waryanto.1996. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berfikir Siswa SD Pinggiran Kota Bogor. Disertasi. UPI. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.