PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Khoirunnisa Khoirunnisa, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this research was to know the influence of discovery learnings model to critical thinking skill and students learning outcome on ecosystem subject matter. The design of this research was control group pretest-postest. The samples were class VIIA and VIID SMP Kartika II-2 Bandar Lampung which chosen by purposive sampling technique. The quantitative data were learning outcome which was obtained from pretest-postest that were analyzed by t test. The qualitative data were critical thinking skill which was obtained from students worksheet and students response to discovery learnings model that was obtained from questionare that were analyzed descriptively. The average of N-gain in experiment class (61,92) was different significantly with control class (54,62). The average of percentage critical thinking skill in experiment class have good characterized (76%). It could be concluded that discovery learnings model influenced critical thinking skill and students learning outcome on ecosystem subject matter.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Desain penelitian ini merupakan desain control group pretest-postest. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIID SMP Kartika II-2 Bandar Lampung yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data kuantitatif hasil belajar diperoleh dari pretest-postest yang dianalisis dengan uji t. Data kualitatif berupa data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari LKS dan tanggapan siswa terhadap model discovery learning diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (61,92) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (54,62). Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen berkriteria baik (76%). Sehingga penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem.

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Barmoyo, N. Q. dan Wasis. 2014. Analisis Soal-Soal Dalam BSE, UN, dan TIMSS Ditinjau dari Domain Kognitif dan Indikator Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal. (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/article/9750/32/article.pdf, diakses pada 21 Februari 2015).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

Kurnia, F. dan Apit, F. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal. (Online), (http://ejournal.unsri. ac.id/index.php/jipf/article/download/1263/419, diakses pada 21 Februari 2015).

Kurniasih, I. dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Loranz, D. 2011. Course Assessment Report (CAR). (Online), (http:// www.tmcc.edu/media/tmcc/departments/assessment/documents/cars/sciences/1112/ASMTAST104-1112.pdf, diakses pada 12 Desember 2014).

Melani, R. 2012. Pengaruh Metode Guide Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. (Online), (http://eprints.uns.ac. id/13651/1/1409-3135-1-SM.pdf, diakses pada 08 Januari 2015).

Purwanto, M. N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.