PENGARUH ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Made Oktavia Sri Rahayu, Arwin Achmad, Rini Rita Marpaung

Abstract


This reserach was aimed to find out the improvement of students activity and learning outcomes in environmental management subject matter through active learning model. The design of this research was pretest-postest non equivalent. The quantitative data were students learning outcomes which were collected from pretest dan posttest score. The analysis of quantitative data used normality test, homogeneity test, t1-test, t2-test and U-test. Qualitative data, were sudents learning activity data which were obtained from students observation sheet and analyzed descriptively. The results of this research showed that active learning model can improved students learning outcomes, it was shown by the average of N-gain on experiment class (68,6) which was higher then control class (33,6) and it was different significantly. Observation result of students activity has good criteria (86,11 %).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan melalui model pembelajaran active learning. Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t1, uji t2 dan uji U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran active learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat pada rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 68,6 berbeda signifikan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 33,6. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas belajar siswa memiliki kriteria baik 86,11%.

Kata kunci: active learning, aktivitas, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aienor, M. 2012. Penerapan Active Learning Dengan Strategi Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 12 Jember. (Skripsi). Jember: Universitas Jember.

Djamarah. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah. Biro Huku dan Organisasi Kemendikbud Jakarta: Salinan Permendikbud tahun 2014.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004.Bandung: Rosda Karya.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.