PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK JAMUR

Wulan Sari Irawati, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


The purpose of this research was to determine the influence of picture cards media to activity and student learning result matter of Mushrooms. The samples were students of X MIA 1 and MIA 2 SMA Negeri 1 Negeri Besar chosen by Purposive Sampling technique. Design of this research was pre-test-post-test non equivalent. The quantitative data were obtained from student learning result were analyzed using t-test and u-test. The qualitative data consist of learning activities and student responses were analyzed descriptively. The result was cards media influenced significantly student learning result with average 80.80 of experiment class was higher than 65.00 control class. Therefore, learning using a picture cards media significantly influence in improvement of activity and student learning result in cognitive of matter Mushrooms.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi pokok Jamur. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan MIA 2 di SMA Negeri 1 Negeri Besar yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Desain penelitian ini pretest-postest non equivalen. Data kuantatif diperoleh dari hasil belajar siswa yang di analisis menggunakan uji-t dan uji u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan rata- rata nilai kelas eksperimen yaitu 80,80 lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 65,00. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa materi Jamur.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, jamur, media kartu bergambar

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful B. dan Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.

Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulaseh. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pokok Ekosistem Kelas VIIE MTs Negeri Surakarta II. Skripsi.UMS. Surakarta.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.