PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

M. Agita Brevy Hernovan, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The purpose of the research was to which one is higher in students activity and learning result between NHT and TPS of the resistence body system material. The design of the research was pretest-postest of comparative group with purposive sampling, thus the students of class XI IPA1 and IPA2 SMA Negeri 2 Gadingrejo were choosen as the subjects. Quantitative data were obtained from the average value of pretest, postest and N-gain were analyzed by using u-test and t-test. Qualitative data were obtained from description of learning activities. The result of the research indicated that N-Gain of NHT (33,1) was higher than TPS (28,8). The improvement was shown on C2 indicator (54,8) and C3 (25,5). The average of students learning activities in all aspect (telling, cooperative, presentation, and responding) of NHT (59,13) have medium criteria and TPS (52,97) have low criteria. Thus, NHT was influenced not significantly to improve the activities and learning outcomes of students on immunity body system subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang lebih tinggi antara NHT dengan TPS pada materi sistem pertahanan tubuh. Desain penelitian pretes-postes kelompok pembanding dengan purposive sampling sehingga kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA Negeri 2 Gadingrejo sebagai subjek. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata pretes, postes, dan N-gain dianalisis menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa deskriptif aktivitas belajar. Hasil penelitian N-Gain NHT (33,1) lebih tinggi daripada TPS (28,8). Peningkatan terjadi pada indikator C2 (54,8) dan C3 (25,5). Rata-rata aktivitas belajar dalam semua aspek (mengemukakan, bekerjasama, mempresentasikan, dan merespon) kelas NHT (59,13) berkriteria sedang dan TPS (52,97) berkriteria rendah. Dengan demikian, NHT berpengaruh tidak signifikan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model NHT, model TPS, sistem pertahanan tubuh

Full Text:

PDF

References


Amri, S dan Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

BSNP. 2010. Standar dan Kompetensi Dasar Untuk SMA/MA Kurikulum Tingkat Satuan Pen-didikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Firdaus, J. 2008. Kajian aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Think- Pair- share. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Margono. 2010. Metodologi Peneliti-an Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muzalifah. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Kimia Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran NHT Dengan TPS. Skripsi. (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream//1/MUZALIFAH-FITK, diakses 24 April 2014.

Prayoga, C. 2010. Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Tipe NHT. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Prawiradilaga, D. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjalla, A. 2011. UN dan Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Laporan penelitian tidak di terbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Trianto. 2007. Model-Model Pem-belajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardani, A. 2007. Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasil belajar Melalui pembelajaran berbasis Produk (PTK di SMP YBL Natar). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.