PROFIL KEMAMPUAN GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN LAMPUNG TENGAH DALAM MEMBUAT RPP BIOLOGI

Septi Woro Subekti, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This research was aimed to know teachers ability in designing lesson plan of biology subject in Senior High school all over Lampung Tengah Regency. Research design used descriptive research. Sample of this research were ten biology teachers were chosen by using random sampling. Data of research were both quantative and qualitative. Result of the research showed that almost teachers have high criteria with variation 97,22%, 91,66%, 86,11%, 94,44%, and 83,33%. There were three teachers have medium criteria with variation 69,44%, 66,66%, and 58,33%. There were two teachers have low criteria with 47,22% and 27,77%.

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri Se-Kabupaten Lampung Tengah. Desain penelitian, yaitu penelitian deskriptif. Sampel penelitian, yaitu 10 guru mata pelajaran biologi yang dipilih secara random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan datakualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Lampung Tengah berkriteria tinggi dengan variasi 97,22%, 91,66%, 86,11%, 94,44%, dan 83,33% . Terdapat tiga guru berkriteria sedang dengan variasi 69,44%, 66,66%, dan 58,33%.%. Terdapat dua guru berkriteria rendah dengan variasi 47,22% dan 27,77%.

Kata kunci : biologi, kemampuan guru, RPP


Full Text:

PDF

References


Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Bogor: Prena Media.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013. Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, S. C. U. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Sulistyowati, D. 2006. Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi dan Cara Pemecahannya dalam Pelaksanaan Kurikulum 2004 Bagi Guru Kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Semarang. Semarang: UNNES

Syaiful, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Yanze, B. 2008.Perangkat Pem-belajaran. Jakarta: Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.