PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The aim of this research was to find out the effect of PBL in students' writting communication skill and students' learning achievement. The design of this research was pretest and posttest non equivalent group. The samples of this research were students in the class VIIB and VIIC selected by purposive sampling. The quantitative data were obtained from the pretest posttest scores and the N-gain score that were analyzed by using t-test and the qualitative data were students' writting communication skill that analyzed descriptively. The result showed that the students' writing communication skill in the experiment class was good (78,64) criteria. The mean of N-gain of students' score in the experiment class was higher that was 74,55 than control class that was 48,45. Therefore, it can be concluded that PBL model improve the students' writting communication skill and students' learning achievement significantly.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan VIIC, yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan data kualitatif berupa keterampilan berkomunikasi tertulis siswa diperoleh dari analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berkomunukasi tertulis kelas eksperimen berkriteria Baik (78,64). Rata-rata N-gain hasil belajar siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi sebesar 74,55 dibandingkan kelas kontrol sebesar 48,45. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL meningkatkan keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Kata kunci: hasil belajar, keterampilan berkomunikasi tertulis, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Cangara, H. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hosnan, M. 2014. Pembelajaran Saitifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Priangan, A. 2014. Budaya Menulis di Zona Perguruan Tinggi. (Online), (http://prianganaulia.blogspot.com/2014/02/budaya-menulis-di-zona-perguruan-tinggi.html, diakses pada 10 Februari 2015).
Prima, E. C., dan Kaniawati. 2014. Penerapan Model Pembe-lajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan . Vol. 5 No. 3, 35-37. (Online), (http://www. academia.Edu/3606343.html, diakses pada 3 Februari 2015).
Ramly, A. T. 2014. Pentingnya Komunikasi dalam Proses Belajar-Mengajar. (Online), (http://pumpingpublisher.com/blog/pentingnya-komunikasi-dalam-proses-belajarmengajar/, diakses pada 3 Februari 2015).
Semi, A. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 3: hal 186-189 (Online), (http://download. Portal garuda.org/article.php?article=138040&val=438, diakses pada 4 Februari 2015).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.