PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS DAN HASIL BELAJAR

Herlinda Oktarina, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study was aimed to determine the effect of Problem Based Learning in improving writing communication skill and students learning achievement. The design was pretest posttest non-equivalent. The samples were students in class VIIA and VIIC selected by purposive sampling. Quantitative data were obtained from the average score of the pretest, posttest and N-gain were analyzed by using t-test and U-test. Qualitative data were average score of written communication skill and analyzed descriptively. The result showed that writting communication skill in the experiment class had good criteria (78,40). The improvement of students achievement shown by the average N-gain of the experiment class (86,60) was higher than control class (55,10). Therefore, it can be concluded that Problem Based Learning improved writting communication skill and students achievement significantly.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Nusantara Bandar Lampung kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi tertulis siswa diperoleh dari analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi tertulis kelas eksperimen berkriteria baik (78,40). Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada rata-rata N-gain kelas ekperimen lebih tinggi sebesar 86,60 dibandingkan kelas kontrol sebesar 55,10. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Kata kunci : hasil belajar, keterampilan berkomunikasi tertulis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pembelajaran Saitifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istanto, D. 2012. Pentingnya Komunikasi Guru dan Murid. (Online), (http://dwi-istanto.blogspot.com/2012/11/pentingnya-komunikasi-guru-dan-urid.html, diakses 4 Februari 2015).

Niam, M. 2008. Komunikasi Tertulis Sebuah Keterampilan Inteklektual. (Online), (https://maulinniam.wordpress.com/2008/09/15/komunikasi-tertulis-sebuah-keterampilan-intelektual/, diakses 3 Februari 2015).

Nurjamal, D dan Sumirat, W. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Priangan, A. 2014. Budaya Menulis di Zona Perguruan Tinggi. (Online), (http://prianganaulia.blogspot.com/2014/02/budaya-menulis-di-zona-perguruan-tinggi.html, diakses 4 Februari 2015).

Prima, E. C dan Kaniawati. 2014. Penerapan Model Pembela-jaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kete-rampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. Vol. 5 No. 3, 35-37 (Online), (https://www.academia.edu/3606343.html, diakses 3 Februari 2015).

Purnamawati, E. 2010. Jenis-jenis Komunikasi. (Online), (http:// belajarkomunikasi2009.blogspot.com/2010/03/jenis-jenis-komunikasi.html, diakses 4 Februari 2015).

Ramly, A. T. 2014. Pentingnya Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. (Online), (http://pumping publisher.com/blog/pentingnya-komunikasi-dalam-proses-belajar-mengajar/, diakses 4 Februari 2015).

Rica, M. H. 2012. Perbandingan Hasil Belajar IPA Siswa antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kom- petisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suratno. 2011. Pentingnya Komunikasi dengan Siswa. (Online), (http://suratnomath. blogspot.com/2011/04/pentingnya-komunikasi-dengan-siswa.html, diakses 4 Februari 2015).

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.

______. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.