PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERTULIS DAN HASIL BELAJAR

Chintia Monalia, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The aim of this research was to figure out the effect of Problem Based Learning toward writing communication skill and learning achievement. The design of the research was pretest and posttest non-equivalent. The samples were students in class VIIA and VIIC that were selected by purposive sampling. The quantitative data were obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain that were analyzed by t-test and qualitative data were writing communication skill that analyzed descriptively. The result showed that writing communication skill of experiment class was Goodcriteria (81,19) in writing a comment that suitable with the problem. The improvement of student learning achievement shown by the experimental class value of N-gain 78,75 was higher than control class 50,77. Therefore, it can be concluded that Problem Based Learning improve the writing communication skill and student learning achievement significantly.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secarapurposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, posttest,dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan data kualitatif berupa keterampilan berkomunikasi tertulis siswa yang diperoleh dari analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berkomunukasi tertulis kelas eksperimen berkriteria Baik (81,19) dalam menuliskan tanggapan/komentar yang bersesuaian dengan masalah. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada rata-rata N-gain kelas ekperimen lebih tinggi sebesar 78,75 dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 50,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berkomunikasi tertulis dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan berkomunikasi tertulis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Amir, M. T. 2009. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Barret, D. J. 2015. Problem Based Learning. (Online), (http://bahasa.kompasiana.com/2015/1/17/Problem-Based-Learning.349101.html, diakses 5 Februari 2015).

Effendy, A. 2012. Hakikat Keterampilan Menulis. (Online), (http://bahasa. kompasiana.com/2012/03/25/hakikat-keterampilan-menulis-449101.html, diakses 3 Februari 2015).

Firdaus, I. 2012. Rendahnya Komunikasi Menulis Mahasiswa Indonesia. (Online), (http://firdalebahmadu.blogspot.com/2012/02/rendahnya-kemampuan-menulis-mahasiswa.html, diakses 3 Februari 2015).

Iskandarwassid dan D. Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, D. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Prima, E. C., dan Kaniawati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsdan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa. SMA. Jurnal Pendidikan. Vol. 5 No. 3, 35-37. (Online),(http://www. academia.Edu/3606343/ diakses 3 Februari 2015).

Ramly, A. T. 2014. Pentingnya Komunikasi dalam Proses Belajar-Mengajar. (Online), (http://pumpingpublisher.com /blog/pentingnya-komunikasi-dalam-proses-belajar-mengajar/ diakses 3 Februari 2015).

Rohaeni, M.A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan Skripsi. (Online), (http:// digilib.upi.suka. ac.id/ 846/1/BAB/20/20BAB/20V,/20DP. pdf, diakses 12 Oktober 2014).

Rukmana, M. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Prose Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.