DESKRIPSI KEMAMPUAN GURU IPA DI SMP SWASTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGELOLA LABORATORIUM

Nur Hidayah, Undang Rosidin, Dina Maulina

Abstract


This research aimed to find out the description about the ability of natural science teacher at private junior high school Bandar Lampung in managing the laboratory. Design of the research was simple descriptive by purposive sampling technique, there were 14 teachers from 6 private junior high schools in Bandar Lampung. Data of the research were qualitative data from score assessment conversion that acquired by the questionnaire of science laboratory management, observation, and knowledge test. Result of the research showed that the ability of teacher was categorized very good just at one school that was respondent 2 (88.22). It was categorized very bad on respondent 1 (52.18), respondent 6 (36.29), respondent 4 (18.12), respondent 3 (17.03), and respondent 5 (11.87).The conclusion showed that the schools average in managing the laboratory was very bad.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan guru IPA di SMP swasta Bandar Lampung dalam mengelola laboratorium. Desain penelitian adalah deskriptif sederhana dengan teknik purposive sampling, sebanyak 14 orang guru IPA dari 6 SMP swasta Bandar Lampung. Data penelitian berupa data kualitatif hasil konversi skor penilaian yang diperoleh berdasarkan penilaian melalui angket pengelolaan laboratorium IPA, observasi, dan tes pengetahuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru yang dikategorikan sangat baik hanya terdapat di satu sekolah yaitu responden 2 (88.22). Dikategorikan kurang sekali pada responden 1 (52.18), responden 6 (36.29), responden 4 (18.12), responden 3 (17.03), dan responden 5 (11.87). Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata sekolah dalam pengelolaan laboratorium dikategorikan kurang sekali.

Kata kunci : kemampuan guru, SMP swasta, mengelola laboratorium


Full Text:

PDF

References


Bhakti, A.S., Kusairi, S., dan Muhardjito. 2013. Pengembangan Model Penilaian Otentik Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Pengembangan. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel), diakses 9 Maret 2015.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekoah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Umum. 2003. Ketentuan Umum Pendidikan Pra Sekolah, Dasar, Dan Menengah Umum. Depdiknas. Jakarta.

Duda, H.J. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asesmannya pada Konsep Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI. Skripsi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pontianak.

Hudha, A. M. 2002. Penyelenggaraan Praktikum pada Maha-siswa Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UMM. Laporan Penelitian. Malang: Lemlit UMM.

Kurniasih, dan Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Kota Pena. Surabaya.

Maulina, Dina. 2014. Profil Kemampuan Guru-Guru IPA SMP se-Bandar Lampung Dalam Melakukan Kegiatan Praktikum. Jurnal Peneliti-an. Vol. 2 (8): 1-6.

Mudyahardjo, R. 2001. Filsafat Ilmu Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Peniati, E., Parmin, dan Purwantoyo, E. 2013. Model Analisis Evaluasi Diri Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru IPA Dalam Merancang Pengembangan Laboratorim di Sekolah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. (2) (2): 107-119.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rahman, Taufik. 2010. Profil Kemampuan Generik Perencanaan Percobaan Calon Guru Hasil Pembelajaran Berbasis Kemampuan Generik Pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Online. Diunduh dari (http://file.upi.edu/Direktori/ SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA /1962011519887031- TAUFIK_RAHMAN/PERENC.pdf), diakses 11 Maret 2015.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Malang. Malang.

Salirawati, D. 2009. Manaje-men Laboratorium Kimia/ IPA. Makalah Kegiatan Pembinaan MGMP Bagi Guru SMA dan SMK. UNY. Yogyakarta.

Subiantoro, A. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA.

(Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/.pdf, diakses 25 Oktober 2014).

Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan. Bhinneka. Jakarta.

Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium Fisika untuk Diklat Teknisi Laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.

Suyanta. 2010. Manajemen Operasional Laboratorium. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliati. 2010. Jenis-Jenis Bahaya di Laboratorium dan Pencegahannya. Laporan PPM. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.