PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
This research was aimed to know the effect of realia media towards learning achievement and students learning activities. This research design was pretest-postest equivalent group. Samples were XM1 and XM2 that was chosen by purposive sampling. The quantitative data were students cognitive learning outcomes that were obtained from the average value pretest, postest, and gain analyzed using U test. The qualitative data were of students learning activities responses that were analyzed descriptively. The result showed that the real media can improved significantly students learning achievement that proof by gain average as 0.329. Gain average of C1 indicator was 0.034, C2 indicator was 0.019 and C4 indicator was 0,016. Learning activities of students in the experimental class such as observation, describe specimen, presentation earned, cooperate and ask questions an average 64.73% with medium criteria. Thus, learning using real media that significant influence to improved students learning achievement and learning activities in the plants world.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian ini kelas XM1 dan XM2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar kognitif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media realia meningkatkan secara signifikan hasil belajar dengan rata-rata gain sebesar 0,329. Rata-rata gain pada indikator C1 0,034, indikator C2 sebesar 0,019 dan indikator C4 sebesar 0,016. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen seperti melakukan pengamatan, menggambarkan spesimen, presentasi kelompok, bekerjasama dalam tim, dan bertanya memperoleh rata-rata 64,73% dengan kriteria cukup. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok dunia tumbuhan.
Kata kunci : dunia tumbuhan, media realia, penguasaan materi
Full Text:
PDFReferences
Djamrah, S. B dan A. Zain. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ellia, N. 2009. Efektivitas Penggunaan media realia terhadap motivasi dan kemampuan melakukan determinasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Fahmi. 2013. Kemampuan Pengua-saan Materi Pelajaran SMA Berdasarkan Hasil Ujian Nasio-nal Rendah. (Online). (http://pendidikan.Kemdikbud.go.id/bacaonline), diakses 11 Maret 2015
Hadjar. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasinda.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Maesaroh S. 2008. Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe STAD untukMeningkatkan hasilBelajarSiswaKelas II pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Dokumen Diri dan Keluarga.Skripsi tidak diterbitkan.(Online). (http://repository-.upi.edu/skripsiview. Php?no-skripsi = 13475). diakses 11 januari 2013.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riandi. 2010. Media pemebelajaran Biologi.(Online). (http://fileupedu/Direktori/JUR/ Media pembelajaranbiologi.pdf). diakses 5 Januari 2013.
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sunarya. 1983. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.