PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
Abstract
The goal of this research is to know the utilization of schools environment as the learning source to increase the activity and learning outcomes of students. The design of this research is pretest posttest not equivalent. The samples of this research are VIIIA and VIIIB that chosen by cluster random sampling technique. The data of this research are qualitative and quantitative data. The analysis of qualitative data are obtained from the average score of pretest, posttest, and N-gain that analyzed by using T-test and U-test. Quantitative data are the description of activity and questionnaire of students responses. The result of this research showed that the activity of discussing is 66,67% in medium category and the lowest activity is submitting idea 56,67% in low category. The learning outcomes is increased with the average of 46,03. Thus the utilization of schools environment can improve significantly the learning activity.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kuantitatif berupa deskripsi aktivitas dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas melakukan diskusi 66,67% berkategori sedang dan aktivitas terendah mengajukan ide 56,67% berkategori rendah. Hasil belajar mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata 46,03. Dengan demikian pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan aktivitas belajar.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan sekitar sekolah
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah. 2010. Deskripsi Sikap Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Pendekatan Pengungkapan Nilai (Values Clarification Approach) Pada Kelas VII MTs Guppi Natar. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Barlia, L. 2002. Pendidikan Lingkungan Terpadu di Dalam Aktivitas di Luar Kelas.Serang: UPI.
BSNP. 2009. Dihimpun oleh Afnil Guza. UU RI Nomor 9 Tahun 2009 (Badan Hukum Pendidikan) dan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Asa Mandiri.
Dasna, I.W. dan Sutina. 2010. Permasalahan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mariana, Rita. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nazir. 2005. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.