PENGARUH MEDIA MAKET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI SISWA
Abstract
This research was aimed to determine the influence of mock media towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were X1 as experiment class and X2 as control class that selected by purposive sampling. The design of this research was pretest-posttest non-equivalent group. Quantitative data was obtained from the average of test scores that analyzed by using t-test and U-test. Qualitative data were students learning activities and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed that students learning activities at experiment class was higher than control class. The aspect of asking question (63%), giving ideas/opinions (93%), communication in group (82,80%), responding question (77%). Students conceptual understanding improved with average value of pretest (39,87%), posttest (84,85) and N-gain (0,75). In addition, most of the students gave positive responds to the using of mock media. Thus, mock media influence to student activities improvement and significant to student conceptual understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media maket terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak- ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada aspek mengajukan pertanyaan (63%), mengungkapkan ide/pendapat (93%), berkomunikasi dalam kelompok (82,80%), menjawab pertanyaan (81,83%). Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (39,87), postes (84,85) dan N-gain (0,75). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media maket. Dengan demikian media maket berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan siginifikan terhadap penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, media maket, penguasaan materi
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azizah. 2010. Peranan Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. (online)(http://azizahcute13rocketmailcom.blogspot.com/2010/09/ Peranan Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.html,diakses pada Desember 2014).
Fauqy, A. 2013. Sistem Pendidikan Indonesia Terburuk di Dunia, Apa yang Salah. (online)(http://m.kompasiana.com/post/read/5297351/sistem-pendidikan-indonesia-terburuk-di-dunia-apa-yang-salah.html.,diakses pada5Maret 2015 pukul 15.45).
Permatasari, N.2011. Pengaruh Media Maket dengan Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi.Lampung: Universitas Lampung .
Sadiman, A.S. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Sofyan. 2010. Jurnal Pendidikan MIPA. Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N., dan A. Rivai. 1992. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana.
Utari, R. A. 2013. Pengaruh penggu-naan model pembelajaran examples non examples terha-dap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.