PENGGUNAAN MODEL PQ4R TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Abstract
This research was aimed to determine the effect of application of the PQ4R model to the student activity and material understanding of characteristic of organism by student of SMPN 5 Bandar Lampung. This research is quasi experimental with pretest-postest group design non equivalent. The samples of the research are students of class VII, VII that choosen from the population by cluster random sampling technique. The data of the research is qualitative and quantitative. The quantitative data were obtained from the average value pretest dan post test analyzed statistically using t-test and the qualitative data from learning activities of student analyzed descriptively. The result of this research indicate that application of the model PQ4R significant gave effect to the increase of activity, in which the activity of the experiment class was higher 7,25%. The learning model PQ4R gave significant effect to the increasing material understanding in which the N-gain in the experimental class 52,06%, while the control class N-gain 47,83%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PQ4R terhadap aktivitas siswa dan penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMPN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih dari populasi secara teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PQ4R berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas dimana aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi 7,25% dibandingkan kelas kontrol. Model pembelajaran PQ4R berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi dimana N-gain pada kelas eksperimen 52,06%, sedangkan kelas kontrol N-gain 47,83%.
Kata kunci : aktivitas siswa, ciri-ciri makhluk hidup, penguasaan materi, PQ4R
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, B.S. dan A. Zein.2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nyeneng I, D.P. 2006. Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Penguasaan Materi Penerapan Hukum-hukum Newton Menggunakan Model Kemandirian Aktif. Lampung: Program Studi Pendidikan Fisika.
Purwanto, M. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tirtaraharja, U. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka cipta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajarn Inovatif-Progresif. Jakarta : PT Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.