PROFIL AKTIVITAS SISWA DENGAN PENGGUNAAN LKS BERBENTUK WORD SQUARE MELALUI MEDIA VIDEO

Nadia Dewi Septiani, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to determine the profil of students activity in SMA N 1 Talang Padang that using word square worksheet in ecosystem subject matter. This research was descriptive research. The research samples were students X IPA 1. The samples technique was purposive sampling. This research data is qualitative data learning that is students activity taken from observation sheet and students responses questionnaire. Data were analyzed descriptively. The result showed that all of the aspect were increased (1) that are Look and pay attention to video was good criteria (78,21%), (2) listening the teacher was good criteria (78,85%), (3) discussion and to LKS was good criteria explanation (82,69%), (4) the presentation activity group was good criteria (82,69 %). Beside that, all of the students gave positive response about using worksheet of word square by video. Indicate that using worksheet of word square by video can increase students learning activity.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Talang Padang dengan penggunaan LKS berbentukword square pada materi ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif, yaitu data aktivitas belajar siswayang diambil dengan lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian, semua aspek yang diamati mengalami peningkatan yaitu (1) melihat dan memperhatikan video berkriteria baik (78,21%), (2) mendengarkan penjelasan guru berkriteria baik (78,85%), (3) diskusi dan mengerjakan LKS berkriteria baik (79,49%) dan (4) mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria baik (82,69%). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video. Dengan demikian, penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.


Kata kunci : aktivitas belajar, ekosistem, video, word square


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Kepel Press.

Hasbullah. 2009. Otonomi pendidikan: Kebijakan otonomi daerah dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permendiknas. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdiknas.

Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: UPI.

Sanjaya, W. 2008. Perancangan dan Desain Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syofian, I. 2009. Pemanfaatan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Man 3 Kota Jambi. (Skripsi). Bandung: UPI.

Widiyaswara, R. 2013. Pengaruh Penggunaan LKS berbantukan Word Square Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Aktivitas Dan Penguasaan Materi Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.