PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research aimed to know the influence of PBL model to improve students learning activity and learning outcomes. The design was pretest-posttest non equivalent group by purposive sampling, so class X4 and X3 were choosen as research subjects. The quantitative data were obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test. The qualitative data were student learning activity, students response and involvement questionnaire, that were analyzed descriptively. The result showed that the learning activity average improved with good criteria (77.39). PBL could increased students learning outcomes with high criteria (71.04). Most of students responds gave positive to the using of PBL model. Thus, it can be concluded that learning using PBL model was influence to improve the student learning activity and learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen dengan pusposive sampling, sehingga kelas X4 dan X3diambil sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji t dan uji-U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria baik (77,39). Penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi (71,04). Sebagian besar siswa juga memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, model PBL
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. Ditjen PMPTK. Jakarta: Depdiknas.
Medriati, R. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada
Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. (Online).(http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/viewFile/727/546diakses pada 12 Maret 2014 21.12 WIB).
Riyanto, Y. 2001.Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suhendro, P. 2006. Model Pembelajaran IPA Terpadu. Badan Standar Nasional Pedndidikan (BSPN). Jakarta: Departemen Nasional.
Sukmadinata, N. S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.