PENGEMBANGAN ANIMASI FLASH DAN SOAL INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Rinu Bhakti Dewantara, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to produced Flash animation and interactive question based on Powerpoint. Design was research and development, as trial subject XI IPA 1, XI IPA 2, SMA N 1 and SMA Teladan Way Jepara. This research were through by 3 step preface study, development and evaluation. Result of this research were Flash animation and interactive question based on Powerpoint that appropriated with requirement. Effectiveness test showed average of learning outcomes in experiment was higher than control (experiment 1 = 91,56; experiment 2 = 96,7; control 1 = 68,39; control 2 = 66,3). Test of attractive got feasibility scored 3,28 with values assessment so interesting. Test of material expert got percentage feassibility of 85%, test of design expert 90%, test of language expert 90%, test of practitioner expert 100. It can be concluded that Flash animation result of development product effective to improve students learning outcomes and can be variety of study resource.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan animasi Flash dan soal interaktif berbasis Powerpoint. Desain yang digunakan adalah research and development, subjek uji coba kelas XI IPA 1, XI IPA 2 SMA N 1 dan SMA Teladan Way Jepara. Penelitian melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Hasil penelitian berupa animasi Flash dan soal interaktif berbasis Powerpoint yang sesuai karakteristik. Hasil uji efektivitas menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen 1 = 91,56; eksperimen 2 = 96,7; kontrol 1 = 68,39; kontrol 2 = 66,3). Uji kemenarikan memperoleh nilai kelayakan 3,28 dengan penilaian sangat menarik. Uji ahli materi memperoleh persentase kelayakan 85%, uji ahli desain 80%, ahli bahasa 80%, praktisi 100%. Dapat disimpulkan animasi Flash hasil pengembangan teruji efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan sumber belajar alternatif yang variatif.

Kata kunci : animasi flash, sistem pernapasan manusia, soal interaktif berbasis powerpoint


Full Text:

PDF

References


Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press

Fitria, L. 2011. Media Pembelajaran Interaktif Sesuai Rencana Program Pembelajaran Untuk Kelas 1 SDN Bantul. (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Alumni

Harun, M dan M. Yusof 2001. Desain Presentasi Flash Berbasis Web. (Online), (http://teknologipendidikan.wordpress.com, diakses, Sabtu 1 November 2014)

Pradana, R. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Professional CS5. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putranto, A. 2013. Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Hewan Menggunakan Adobe Flash Profesional CS 5 Sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP N 15 Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, B.2002. Rancangan abc E-Book. Bandung: Penerbit ITB dan Departemen Fisika. ITB.

________. 2006. Media pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, E. 2006. Penguasaan Teori dan Praktik Membuat Skenario Pembelajaran Mikro. Bandar Lampung. Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.