PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR

Sarvia Trisniati, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to determine the effect of Jigsawlearning model to students' teamwork skills and learning outcomes of cognitive aspects which the design was pretest posttest for non equivalent groups. The samples were students of XI IPA2 and XI IPA3 which were selected by purposive sampling. The qualitative data was the average score of students' teamwork skills that were analyzed descriptively. The quantitative data were obtained from average score of pretest, posttest, and N-gain then analyzed using t-test and U test. The results showed that the students had an average score of teamwork skills with good criteria (75.00). Students learning outcomes increased with an average N-gain (60.43). Thus, Jigsaw learning model influence in improving students teamwork skills and learning outcomesat human immune system subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar aspek kognitif siswa dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa rata-rata nilai kemampuan kerjasama siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa memiliki kemampuan kerjasama dengan kriteria baik (75.00). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata N-gain (60.43). Dengan demikian, model pembelajaran tipe Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia.

Kata kunci :hasil belajar siswa, kemampuan kerjasamasiswa, model Jigsaw, sistem pertahanan tubuh manusia

Full Text:

PDF

References


Amri, S., dan Ahmadi, I.K. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Alsa, A. 2010. Pengaruh Metode Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Gadjah mada.

Biggs, J., dan Watkins, D. 1995. Classroom Learning. Hongkong: University of Hongkong.

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lie, A. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maden, S. 2011. Effect of Jigsaw I Technique on Achievement in Written Expression Skill. Cumhuriyet University. Turkey. (Online). (http://www.academia. edu/1322758/Effect_of_ Jigsaw_I_Technique _on_Achievement_ in_Written_ Expression_Skill diakses pada 20 Desember 2013; 11:30 WIB).

Nazaruddin. 2014. Daftar Nilai Hasil Seleksi Olimpiade Sains Nasional (Osn) Tingkat Sma/Ma Kota Pontianak Tahun 2014. (Online). (http://www.dindikptk.net/dikmen/NILAI_AKHIR_OSN_2014.pdf diakses pada 26 April 2014; 21.00 WIB).

Perkins, D V. 2001. A "Jigsaw Classroom" Technique for Undergraduate Statistics Courses. Ataturk University. Turki. (Online). (http://top.sagepub.com/content/28/2/111 diakses pada 22 Juli 2014; 20.00 WIB).

Prima, F. 2013. Fakta pendidikan Di Indonesia. (Online). (http://edukasi. kompasiana.com/2013/06/02/fakta- pendidikan-di-indonesia--565120.html diakses pada 18 September 2014; 07.11 WIB).

Ristiani, R. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Vertebrata Di Sma Bina Mulya Tahun Pelajaran 2010/2011 (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Riyanto, Y. 2001.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: SIC.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, B. 2012.Metode Pembelajaran: Metode Ceramah - Kelebihan dan Kekurangan. (Online). (http://www.hasiltesguru.com/2012/10/metode-pembelajaran-metode-ceramah.html. diakses pada 18 september 2014; 07.08 WIB).

Suratman, A. 2013. Hasil Olimpiade Sains Nasional OSN Kab Bandung Barat 2013. (Online). (http://www.scribd.com/doc /13840825


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.