ANALISIS KUALITAS PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN GENDER DAN TAKSONOMI BLOOM

Yuliani Yuliani, Darlen Sikumbang, Berti Yolida

Abstract


The objectives of this research were to determine question quality of boy and girl students, and the differences of the question quantity and quality between boy and girl students base on Bloom taxonomy. The design of the research was simple descriptive. The samples were students of class XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, and XI IPA4 that selected by purposive sampling. The qualitative data was descriptive of students question quality. Data were analysed descriptively and t-test. The results showed that question quantity between boy and girl students were not significant. The question quality of boy and girl students were not different significant with dominant question of cognitive dimension of understanding (C2).


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan perempuan, serta perbedaan jumlah dan kualitas pertanyaan antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan taksonomi Bloom. Desain penelitian adalah desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, dan XI IPA4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa deskripsi kualitas pertanyaan siswa. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan uji beda (uji t). Hasil menunjukan bahwa jumlah pertanyaan siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak berbeda signifikan. Kualitas pertanyaan yang dimunculkan siswa laki-laki dan siswa perempuan juga tidak berbeda signifikan dengan dominansi pertanyaan yaitu dimensi kognitif pemahaman (C2).


Kata kunci: gender , pertanyaan siswa, taksonomi Bloom


Full Text:

PDF

References


Barus, W. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 101813 Buluh Gading Kecamatan Sibiru-biru TA 2011/2012. (Skripsi). Medan: Universitas Negeri Medan.

Bastable, S. 2002. Perawat sebagai Pendidik. Jakarta: EGC.

Karwapi, M. 2012. Keunggulan dan Kelemahan Metode Ceramah dalam Pembelajaran di Kelas. (online). (http://karwapi. wordpress.com diakses pada 09/10/2014; 15.47 WIB).

Partin, R.L. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Rahmadhani, Y. 2013. Analisis Pertanyaan Siswa SMP Berdasarkan Tingkat Perkembangan Intelektual dan Gender pada Konsep Sistem Reproduksi. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, R. 2012. Analisis Pertanyaan Siswa Menerapkan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Klasifikasi Marbach pada Materi Sisitem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 3 Medan. (Tesis). (online). (http://digilib.unimed.ac.id, diakses pada 17/03/2014; 16:38 WIB).

Sudijono, A. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wood, J.T. 1994. Gendered Lives: Communication, Gender, and Culture. Belmont: Wadsworth Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.