KAJIAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV SD N

Komasari Komasari, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung

Abstract


This study described the result of science learning implementation assessment, that is based on 2013 curriculum. Samples of study are teachers of 4thgrade elemantary of Tanjungkarang Bandar Lampung that was chosen by purposive sampling. Data were obtained from learning activity observation list that was compared with proccessing standard, scientific approach, and tematic integration. The result showed that implementation of 4th grade learning activity had suitability with proccessing standard the average was 71,91% in medium category. Suitable with the sciencetific approach has average 68,29% in medium category and tematic integration has average 80,59% in high category. Therefore science learning implementation based on 2013 curriculum in Tanjungkarang district was medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA kurikulum 2013. Sampel penelitian adalah guru kelas yang mengajar kelas IV SD di Kecamatan Tanjungkarang yang dipilih secara purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi gambaran implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru berdasarkan dengan standar proses, pendekatan saintifik dan tematik integratif. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran kelas IV memiliki kesesuaian dengan standar proses dengan presentase skor rata-rata 71,91% berkategori sedang,sesuai dengan pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata 68,29% berkategori sedang dan telah sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu dengan persentase skor rata-rata 80,59% berkategori tinggi. Hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SD kecamatan Tanjungkarang berkategori Sedang.

Kata kunci : kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses, tematik terpadu


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Hajar, I. 2013.Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: DIVA press.

Kemendikbud. 2012. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran . Jakarta : Pusbangprodik.

Kurniasih, I. dan B. Sani. 2014. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.

Permendiknas. 2007. Standar Proses. Jakarta: BSNP.

Ruhimat. 2008. Standar Proses Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Ciptaka sejati.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.