PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ana Safitri, Arwin Achmad, Rini Rita T.Marpaung

Abstract


The purpose of this study to determine the effect of using learning the model (TSTS) on students learning outcomes of human reproduction system material at class XI IPA SMAN 1 Sukadana Lampung Timur. The sample was class XI IPA I as experimental class and class XI IPA II as control class by purposive random sampling. The result of TSTS showed student learning outcomes, with an average value of pretest (28,53), posttest (69,6) N-gain (58,28). Class control outcomes had average value of pretest (23,65), posttest (56,99) N-gain (43,72). The increasing of learning result influenced by students learning. In the aspects of asking a question (64%), giving an answer (72%),giving opinion (76%). The result was same in control class. In the aspects of asking a question (57%), giving an answer (58%), and giving an opinion (67%). The conclusion is the using of TSTS learning model have influence towards students learning result and studentslerning activities.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran (TSTS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi manusia kelas XI IPA SMAN 1 Sukadana Lampung Timur. Desain penelitian yang digunakan pretest postest kelompok tak ekuivalen sampel penelitian siswa kelas XI IPA1 kelas eksperimen I dan XI IPA2 kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Penggunaan model TSTS menunjukan bahwa rata-rata nilai pretes (28,53), postes (69,6)N-gain (58,28). Sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar rata-rata nilai pretes (23,65), postes 56,99, N-gain (43,72). Meningkatnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh aktivitas belajar siswa pada aspek bertanya (64%);menjawab pertanyaan (72%);mengungkapkan pendapat (76%). Hasil aktivitas belajar pada kelas control juga berkriteria cukup. Pada aspek bertanya 57% ,menjawab pertanyan 58% mengungkapkan pendapat 67%. Dengan demikian disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktifitas belajar siswa.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, sistem reproduksi manusia,Two Stay Two Stray


Full Text:

PDF

References


Dahar. 1989. Pembelajaran Tipe Kooperatif. Surabaya: University Press.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. (Online).(http://sasterpadu.tripod.com/sas_store/Biologi.Pdf, diakses pada 8 februari 2014; 11.52 WIB).

Kurniasari, W. 2011. Pengaruh Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. (Online). (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/16348, diakses pada 28 februari 2014; 00.38 WIB.

Lie, A. 2007. Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Nugraha, 2008. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) Dengan Model Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu (two stay two stray). Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (Online).(http://www.scribd.com/doc/28145491/ABSTRAK-cevi, diakses pada 28 maret 2012): 01.40 WIB).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Gramedia.

Safitri, Y. 2007. Aplikasi Pembelajaran Dengan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Jigsaw Di SMA Al Islam 2 Surakarta. (Skripsi). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sanjaya, Wina. 2011. Perancangan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada. Jakarta: Media Group.

Sardiman. 1984. Model-model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.