PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Ira Rosita, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research aimed to know the influence of using picture media in improving students learning activity and conceptual understanding. The research design was pretest-posttest equivalent group. The research samples were VA and VB chosen by purposive sampling. The qualitative data were obtained from student learning activity observation sheet and student responses questionnaire, that were analyzed descriptively. The quantitative data was test value average, analyzed by t-test. The result showed that learning activity average improved at high criteria (76.30) with each percentage such as express opinions (81.48), collaboration in groups (77.78), percentage discussion results (72.22), asking question  (74.07),  and  answer questions (75.93). Conceptual understanding improve with N-gain average score (57.81). Most of the students (99%) gave positive response to the picture media application. Therefore, picture media gave significant influence to improvement of student learning activity and conceptual understanding of water cycle.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai tes yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria tinggi (76,30), dengan persentase masing-masing yaitu megemukakan pendapat (81,48), bekerjasama dalam kelompok (77,78), mempersentasikan hasil diskusi (72,22), mengajukan pertanyaan (74,07), dan menjawab pertanyaan (75,93). Penguasaan materi meningkat dengan rata-rata N-gain (57,81). Sebagian besar siswa (99%) juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media gambar. Dengan demikian, penggunaan media gambar berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi daur air secara signifikan.


Kata kunci: aktivitas belajar, daur air, media gambar, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Aditya, S. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). (Online). (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint /7578, diakses tanggal 21 Agustus 2013: 15.35 WIB).

Amri, S. dan I. K. Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ani, N. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Model Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. (Online). (http://www. depdiknas.co.id, diakses tanggal 20 Agustus 2013: 19.30 WIB).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subana, M dan Sunarti. 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Subana, M dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar dan Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.