PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AFEKTIF RECEIVING DAN RESPONDING SISWA
Abstract
This research aimed to determine the effect of Talking Stick model in improving the afective of receiving and responding of the students at environmental pollution and waste material. The design was one-shot case study. The sample was class X1 selected by cluster random sampling. The research data was qualitative form. The qualitative data was obtained from the afective of receiving and responding percentage of the students by using Talking Stick model that was analyzed descriptively. The result showed that using Talking Stick model can improve the afective of receiving of the students with an average of 77.77% with good criteria and responding of the students with an average of 84.71% with good criteria. It was also showed from the increase of all aspects that was observed. Thus it can be concluded that using Talking Stick model in influence in increasing the afective of receiving and responding of the students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap afektif receiving dan responding siswa pada materi Pencemaran Lingkungan dan Limbah. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Sampel penelitian ini adalah kelas X1 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif. Data kualitatif berupa rata-rata persentase afektif receiving dan responding siswa terhadap penggunaan model Talking Stick yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan afektif receiving dengan rata-rata sebesar 77,77% dengan kriteria baik dan responding dengan rata-rata sebesar 84,71% dengan kriteria baik. Hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang di amati. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stick berpengaruh dalam meningkatkan afektif receiving dan responding siswa.
Kata kunci : afektif receiving, afektif responding, pencemaran lingkungan dan limbah, talking stick
Full Text:
PDFReferences
Ikapidjakarta. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. (online). (http://www.ikapidjakarta.com Diakses dari pada Jum’at 22 Desember 2013 22.10 WIB).
Puspitasari. 2012. Efektifitas Pembelajaran Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII D SMP Negeri 3 Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Artikel Semnas IX Pendidikan Biologi FKIP UNS. (online). (http://staff.uns.ac.id/sites/default/files/132048519/artikel/semnas/FKIP/BIOLOGI/UNS.pdf diakses pada Selasa 3 Desember 2013 04.07 WIB).
Setyawati, Dewi. 2011. Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Metode Talking Stick Dalam Model Learning Cycle Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Surakarta. (online). (http://talkingstick/30-91-1pb.pdf diakses pada Selasa 30 Desember 2013 07.30 WIB).
Suarni, Enok. 2012. Penerapan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Aktvitas Belajara Siswa Kelas XI IPA di SMA WARGA BAKTI CIMAHI. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. (online). (http://s/sdt/0707968/chapture2.pdf diakses pada Kamis, 7 November 2013 20.09 WIB).
Sudjana. 2001. Metode Statiska. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanti. 2011. Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Afektif. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia Vol. IX No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. (online). (http://domain/afektif/9602993/pb/pdf. diakses pada kamis 7 November 2013 21.01 WIB).
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.
Wicaksono, Soetami Rizky. 2012. Srtategi Penerapan domain Afektif Dilingkup Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Vol. 12 No. 2. (online) (http://soetam.machhung.ac.id diakses pada Rabu, 27 November 2013 19.01 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.