DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
This research aimed to know students’ problem solving capability. The design was simple descriptive by purposive sampling so those class VII.1,VII.2, VII.3, VII.4, dan VII.5 were choosen as subject. The technique of analysis that has been used is descriptive analysis. The qualitative data were obtained from conversion assessment of student worksheet, poster and written test. The results of this research showed that students’ problem solving capability had moderate criteria (68.32). The average of percentage of student worksheet assessment had very high criteria (85.68%), low criteria (58.48%) on poster assessment and had moderate criteria (65.11%) on written test score.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.1, VII.2, VII.3, VII.4, dan VII.5 yang dipilih secara purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari konversi penilaian LKS, poster, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria sedang (68.32). Terlihat dari rerata persentase penilaian LKS memiliki kriteria tinggi (85.68%), kriteria rendah (58.48%) pada penilaian poster dan kriteria sedang (65.11%) pada nilai tes tertulis.
Kata kunci : LKS, pemecahan masalah, pencemaran lingkungan, poster, tes tertulis
Full Text:
PDFReferences
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Faulina, Herlin. 2008. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-C Melalui Metode Pemecahan Masalah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gorman, R. M. 1974. The Psychology of Classroom Learning, An Inductive Approach. (Online). (http://mathedu08.files.wordpress.com, pada Minggu, 6 Juli 2014 13.40 a.m.)
Paidi. 2010. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Semnas FMIPA 2010 UNY. (Online). (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132048519/Artikel%20Semnas%20FMIPA2010%20UNY.pdf, pada Selasa, 12 Februari 2014 9.47 a.m.)
Rahayu, S. 2008. Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Subkonsep Pencemaran Lingkungan Melalui Metode Studi Kasus. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah Pelatihan Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kec. Nusa Penida. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Usodo, Budi. 2012. Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. (Online). (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/1268/922.pdf, pada Minggu, 2 Maret 2014 2.52 p.m.)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.