PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
This research was aimed to know the effect of problem based learning (PBL) teaching model towards student critical thinking skills and student responses about PBL teaching model. This research design was pretest-posttest non-equivalent. Samples were VIID and VIIE that was chosen by cluster random sampling. The quantitative data was obtained from student critical thinking skills (pretest, posttest, N-gain) and analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data was obtained from questionnaire of student responses were analyzed descriptively. The results showed that PBL teaching model increased the average of student critical thinking skills significantly (39,4 increased to 68,9 with N-gain 48,6). Majority of students (95,83%) feel happy to use PBL teaching model in environmental management material. Thus, PBL teaching model was influenced significantly towards student critical thinking skills and influenced towards student responses about PBL teaching model.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis dan tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBM. Desain penelitian adalah pretes-postes non-equivalent. Sampel yaitu siswa kelas VIID dan VIIE yang dipilih secara cluster random sampling. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa (pretes, postes, N-gain) yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PBM dapat meningkatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan (39,4 meningkat menjadi 68,9, dengan N-gain 48,6). Sedangkan, sebagian besar siswa (95,83%) merasa senang terhadap penggunaan model pembelajaran PBM pada materi pengelolaan lingkungan. Dengan demikian, model pembelajaran PBM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan berpengaruh terhadap tanggapan siswa tentang penggunaan model pembelajaran PBM.
Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, pengelolaan lingkungan
Full Text:
PDFReferences
BSNP. 2006. Panduan Umum KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Costa, A.L. 1985. “Teaching for, of, and About Thinking”, dalam Developing Minds: A Resource Book For Teaching Thinking. Alexandria, Virginia: ASCD.
Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. 2010. Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)-UU No. 20 Tahun 2003. Bandung: Nuansa Aulia.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasnunidah, N. 2009. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Struktur dan Fungsi Organ Manusia (Prosiding). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Lie, A. 2004. Mempraktikan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Misriyanti. 2012. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Pannen, P., Mustafa, D., dan Sekarwinahyu, M. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.