PENGARUH METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI
Abstract
The objective of this research was to know the influence of discussion method with pictures toward students’ learning activities and subject mastery. The research design was non equivalent pretest-posttest. Samples were students in the class VIII.B and VIII.E that were selected by cluster random sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. The quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain, which were statistically analyzed using t-test by SPSS 17. The qualitative data obtained from students’ learning activities observation sheets. The results show that the students’ learning activities increased 8,76%. The material mastery also decrease by using t-test average was Lhit (0,117)< Ltab (0,157),. It means that using discussion method with pictures can impact the students’ activities and material mastery.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dengan media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.B dan VIII.E yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,76%. Penguasaan materi mengalami penurunan dengan menggunakan uji-t yaitu Lhit (0,117)< Ltab (0,157),berarti diperoleh data tidak berdistribusi normal. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi dengan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas. Namun, tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi.
Kata kunci : aktivitas belajar, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi, pertumbuhan dan perkembangan.
References
BSNP. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nursidik,Y. 2008.Metode Diskusi Pembelajaran. (Online) (http://yahya.metode belajar.com.// diakses 30 oktober 2010).
Slavin, R.E. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Subana, M. dan Sunarti. 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.