PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA
Abstract
This research aimed to know the influence of using animation media in improving students learning activity and material mastery. The research design was pretest-posttest equivalent group. The research samples were VII and VI chosen by purposive sampling. The qualitative data were gotten by student learning activity observation sheet and student responses questionnaire, that were analyzed descriptively. The quantitative data was the test value average, that was analyzed by t-test. The result showed that the learning activity average improved by well criteria (85.49) with each percentage were collaboration in groups (92.59), exchanging information (77.78), and answer questions (86.11). The material mastery improve with N-gain average score (74.81). The most of students also responded positively to the animation media application. Therefore, the using of animation media was influenced to improve the student learning activity and material mastery of immune system significantly.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dan VI yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai tes yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar meningkat dengan kriteria baik (85,49), dengan persentase masing-masing yaitu bekerjasama dalam kelompok (92,59), bertukar informasi (77,78), dan menjawab pertanyaan (86,11). Penguasaan materi meningkat dengan rata-rata N-gain (74,81). Sebagian besar siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media animasi. Dengan demikian, penggunaan media animasi berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi organ pernapasan manusia secara signifikan.
Kata kunci: aktivitas belajar, media animasi, penguasaan materi, organ pernapasan manusia.
Full Text:
PDFReferences
Agina, A.M. 2003. The Advantages and Disadvantages of The Animation Technology in Education and Training.(Online): (http://projects.edte.utwente.nl/pi/Papers/Animation/Paper.html. Diakses 11 Maret 2014: 23.05 WIB).
Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi VI. Jakarta : Bina Aksara.
Azhar. 2012. kualitas pendidikan Indonesia Rangking 69 Tingkat Dunia. (Online): (http://azharmind.blogspot.com/2012/02/kualitas-pendidikan-indonesia-ranking.html. Diakses 18Oktober 2013: 06.00 WIB).
Bogiages, C.Hitt, A. M. 2008. Movie Mitosis. (Online): (http://usothcarolina.academia.edu/ChrisBogiages/Paper/507806/ Movie_Mitosis. Diakses 28 Januari 2014: 06.00 WIB).
Dalacosta,K., Kamariotaki, P.M, Palyvos, J. A., Spyrellis, N. 2008. Multimedia Application with Animated Cartoons for Teaching Science in Elementary Education. Computers & Education. (Online): (www.elsevier.com/locate/compedu. Diakses 28 September 2013: 06.00 WIB).
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online): (www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20-2003-Sisdiknas.pdf. Diakses 20 Agustus 2013, 14.45 WIB).
Deplitbang. 2011. Survei Internasional Pisa. (Online): (http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa. Diakses 18Oktober 2013: 06.00 WIB).
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Hertiavi, M.A., Langlang, H., dan Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Semarang.Universitas Negeri Semarang.
Jolly, S. 2003. Studying The Effectiveness Of Animation And Graphics With Text On Fourth, Fifth And Sixth Graders. Nebraska : University of Nebrasca.
Marzuki, E. 2009. Pengaruh Animasi Multimedia dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Penguasaan Materi Biologi Siswa (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung T.P. 2008/2009). Lampung : Universitas Lampung
O’Day,D.H.2006. Animated Cell Biology: A Quick and Easy Method for Making Effective, High-Quality Teaching Animations. (Online): (http://www.cellbiologyeducation.com. Diakses 11 Maret 2014: 23.05 WIB).
Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky,H.A.H. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kaukaba.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetisi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Trina, A.F. 2007. Peranan Media Animasi Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Materi Sistem Reproduksi Manusia. (Online). (repository.upi.edu/.../s_bio_0606355_chapter1.pdf. Diakses 11 Maret 2014: 23.05 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.