KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR

Suliana Suliana, Pramudiyanti Pramudiyanti, Berti Yolida

Abstract


This research aims to determine cooperation quality using group discussion method. The research design was simple descriptive. The subjects were students of VIII B and VIII E class randomly selected by cluster random sampling technique. The research data was qualitative data obtained from students cooperation quality. Data analyzed using simple statistic which was descriptive persentage. The results showed that cooperation quality of VIII B class increased with average 62.50% of good criteria, 15.28% of very good criteria, and 11.12% of not good criteria. At class VIII E with average 56.95% of good criteria, 23.62% of very good criteria, and 13.89% of not good criteria. All of cooperation quality indicator at first and second meeting have good criteria. Therefore, the cooperation quality have good criteria in learning with discussion method.

Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas kerjasama menggunakan metode diskusi kelompok. Desain penelitian ini deskriptif sederhana. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B dan VIII E dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif berupa kualitas kerjasama siswa. Data dianalisis menggunakan statistik sederhana yakni deskriptif persentase. Hasil penelitian kualitas kerjasama mengalami peningkatan pada kelas VIII B dengan rata-rata 62,50 % berkriteria baik, 15,28 % berkriteria sangat baik, dan 11,12 berkriteria kurang baik. Pada kelas VIII E dengan rata-rata sebanyak 56,95% berkriteria baik, 23,62 % berkriteria sangat baik dan 13,89 % kurang baik. Seluruh indikator kualitas kerjasama pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berkriteria baik. Jadi, kualitas kerjasama berkriteria baik pada pembelajaran menggunakan metode diskusi.

Kata kunci: kualitas kerjasama, metode diskusi, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup


Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2007. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Attayaya. 2010. Kelompok belajar bersama. (Online) (http://www.attayaya.net/2010/01/kelompok-belajar-bersama. html, diakses: 28 november 2012 : 10.15 PM)

Djunaedi, A. 2001. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmadi, H. 1990. Taktik Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Rudhia, A. 2007. Kualitas Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi PokokSistem Pencernaan Makanan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. S., R. Raharjo., Haryono., dan Rardjito. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi aksara.

Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Widodo,W. 2007. Tinjauan tentang keterampilan generic.(Online) (http://www.ed.uiuc.edu./EPS/PES-Yearbook/998/thompson.html, diakses:1 desember 2012: 01.30 pm)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.