KAJIAN KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNILA DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PENILAIAN BIOLOGI

Andries Hidayad, Arwin Achmad, Tri Jalmo

Abstract


This study was conducted to determine the ability of the biology students FKIP Unila in developing assessment tools. Design study is a simple descriptive design. The study involved 19 students of biology FKIP Unila. Data were collected in the form of qualitative and quantitative data were analyzed descriptively. The results showed that the biology student assessment plan FKIP Unila in low category. Low ability students looked at the ability of plan types and forms of assessment and preparation of the grain problem.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa biologi FKIP Unila dalam mengembangkan perangkat penilaian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif sederhana. Penelitian ini melibatkan 19 mahasiswa biologi FKIP Unila. Data dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa biologi FKIP Unila dalam merencanakan penilaian berkategori rendah. Rendahnya kemampuan mahasiswa tampak pada kemampuan merencanakan jenis dan bentuk penilaian serta penyusunan butir soal.

Kata kunci : biologi, kemampuan mahasiswa, perangkat penilaian


Full Text:

PDF

References


BNSP. 2006. Standar Penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan. BNSP: Jakarta.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Isi. Depdiknas: Jakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Umum Pengembangan Silabus. Depdiknas: Jakarta.

Dharma. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Depdiknas: Jakarta

Khalifah. 2009. Menjadi Guru Yang Dirindu. Ziyad Media : Surakarta.

Mulyasa, E. 2009.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.