PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA

Lia Andriyani, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This research was knowing the use of applicating approach science technology community toward students learning result and students affective abilities. The research designs were non equivalent pretest – posttest. The research sample were students in IXA and IXB class that was selected by purposive sampling technique. The qualitative data was gotten by students affective abilities and questionnaire of students, that were analyzed descriptive. The quantitative data were the average score of test, that was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the students affective (asking questions, proposing an opinion, working together, convince in answering questions) achieve an average of 80% which is in good criteria. Beside that the students learning outcomes also develop, with N-gain average score was 74.42. The students also gives positive responses to applicating approach STC. Thus, it can be concluded that the used of approach STC increase with of students learning result and students affective abilities in application of biotechnology.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar dan kemampuan afektif siswa. Desain penelitian adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXA dan IXB yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa kemampuan afektif siswa, dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan afektif siswa yaitu mengajukan pertanyaan, mengusulkan pendapat, bekerjasama, dan meyakinkan dalam menjawab pertanyaan mencapai rata-rata yaitu 80% berkriteria baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 74.42. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif yaitu senang terhadap penggunaan pendekatan STM. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan STM berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan afektif siswa pada materi penerapan bioteknologi.

Kata kunci : bioteknologi, hasil belajar, kemampuan afektif, STM


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. 2009. Implementasi Modul Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tentang Sifat Bahan Penyusun Benda. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

BSNP. 2006. Panduan Umum KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chotimah, U. 2010. Pengembangan Intrumen Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Menengah Pertama. (Online).(http://www.google.._Laporan_Penelitian_%28 Pengembangan_instrumen_. Diakses pada 02 Juli 2013.12.05 WIB)

Ditjen, Mendikdasmen. 2008. Perangkat Pengembangan Penilaian Afektif. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. Jakarta: Depdiknas.

Hadjar. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hertiavi, M. A, H. Langlang, dan S. Khanafiyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, U. 2012. Dampak Negatif di Bidang Sosial, Pendidikan dan Budaya. (Online).(http://ukiparner.blogspot.com/2012/03/dampak-negatif-teknologi-di-bidang.html. Diakses pada 16 September 13, 04.28 WIB).

Sari, T. P. 2012. Dampak Teknologi Informasi Bagi Dunia Pendidikan. (Online). (http://tikapranandasari.blogspot.com/2012/01/dampak-teknologi-informasi-bagi-dunia.html. Diakses pada 17 September 2013, 09.30 WIB).

Sujanem, R. 2005. Implementasi Pendekatan STM Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Sians dan Teknologi siswa. Singaraja: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianingsih, N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Penguasaan Materi Oleh Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.