PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Ely Fitri Astuti, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aimed to know the effect of brochure towards student’s learning activities and material mastery. This research design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIIB and VIIIC that was chosen by purposive sampling. The result showed that the brochure teaching material can improve student’s learning activity with the average score of all aspect in experiment class was high criteria (75.53%) with present discuss result (88.3%) as highest aspect and give an idea (66.3%) as lowest aspect. While the students’ material mastery result of the average of gain was 0.70. Gain average of C2 indicator was 0,53; C4 indicator was 0.74; and C5 indicator was 0.9. Beside that, generally student (74.16%) gave positive response towards brochure. Thus, learning use brochure is significan influence to improve students’ material mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata semua aspek pada kelas eksperimen berkriteria tinggi (75,53%) dengan aspek tertinggi mempresentasikan hasil diskusi kelompok (88,3%) dan aspek terendah mengemukakan ide (66,3%). Sedangkan penguasaan materi siswa diperoleh rata-rata gain 0,70. Rata-rata indikator kognitif C2 sebesar 0,53; indikator C4 sebesar 0,74; dan indikator C5 sebesar 0,9. Selain itu, pada umumnya siswa (74,16%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan brosur. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan brosur berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa.

Kata kunci : aktivitas belajar, brosur, penguasaan materi 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online). (www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20-2003-Sisdiknas.pdf. 10 April 2014, 14.45 WIB).

Dharmasraya, P. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. (online).(http://www.dikmenum.go.id. Diakses tanggal 21 Juli 2013 pukul 15.23 WIB).

Djamarah, S.B. dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Iqbal, M. 2008. Laporan Pengembangan Kurikulum Biologi SMA Kelas X Bahan Ajar Brosur Struktur Kimiawi DNA. Jawa Timur: Universitas Negeri Malang. (online). (http://lib.univ-malang.ac.id/laporan/telaah-kurikulum/105341481254-mochamad-iqbal. 17 April 2013 pukul 15.34 WIB).

Mulyadi, A. 2012. Hasil TIMSS Indonesia. Jakarta: Kompas. (online). (http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434. 5 Juli 2013 pukul 15.05 WIB)

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, S dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar SMP dari PISA dan TIMSS 2011. (online). (http://www.p4tkmatematika.org. 4 Juli 2013 pukul 12.43 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.