PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Eva Febriyanti R, Arwin Achmad, Rini Rita T Marpaung

Abstract


This research was aimed to find out the use of the video media towards students activity and students learning result. The research design was non equivalent pretest – posttest. The research sample were students in VII F and VII H class that was selected by cluster random sampling. Data of the research were qualitative and quantitative. The qualitative data was gotten by students learning activity and questionnaire that was analyzed descriptively. The quantitative data were the average score of test, that was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the activity of the student was increased, it were students teamwork (78.33), observation result presentation/group (79.99), and asking question (66.66). The students learning outcomes was also improved, with N-gain average score was 56.14. It means, that the use of the video media was impact with the increase of students activity and students learning result of the material characteristics of living things.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII F dan VII H yang dipilih secara cluster random  sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu bekerjasama dengan teman (78,33), mempresentasikan hasil diskusi (79,99) dan mengajukan pertanyaan (66,66). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 56,14. Dengan demikian, penggunaan media video berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

 

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media video


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2000. Media Pembelajaran. PT. Raja Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. “Media Pembelajaran” Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Puspita, 2010. Pembelajaran Konsep Reproduksi Hewan dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik dan Berpikir Kritis Siswa. (Online). (http://gitabiology.blogspot.com/2010/07/pembelajaran-konsep-reproduksi-hewan.html. Diakses pada tanggal 8 Desember 2011 pukul 10.00 WIB).

Sadiman, dkk. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Cv Rajawali.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.