PENGARUH BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA

Suri Dewi Yanti, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This study was aimed to know the influence of  using leaflet learning material toward mastery of the material and students activity. The research design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIIA  and VIIIB, chosen by purposive sampling. The research data were the quantitative and qualitative data. The quantitative data was the average value of test analyzed by using t-test and U-test. The qualitative data was the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of students analyzed descriptive. The results showed that the using of leaflet learning material can improve students mastery of the material, with N-gain average score was 59.49. The student learning activities (teamwork, express their idea, ask questions, and present the discussion result) also improved with average 78.06. Most of students gave positive respond (agree) to the using of leaflet learning material.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar leaflet terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian pretes-postes kelompok non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB, dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan ajar leaflet dapat meningkatkan penguasaan materi siswa, dengan rata-rata nilai N-gain 59,49. Aktivitas belajar siswa (bekerjasama dalam kelompok, mengemukakan ide/ gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi) juga meningkat dengan rata-rata 78,06. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif (setuju) terhadap penggunaan bahan ajar leaflet.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, bahan ajar leaflet, penguasaan materi


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2003. Pendidikan Menurut Undang-Undang. Jakarta. (online). (http//:www.depdiknas.co.id. 16 Februari 2013, 08.00 wib).

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Merta, T. 2012. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Murni. 2010. Panduan Penulisan Bahan Ajar. Jakarta.(online). (http//:www.murni-uni.blogspot.com.10 Desember, 14.30 wib)

Narwanti, S dan Somadi. 2012. Panduan Menyusun Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Konsep Dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yangMempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.