PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of using picture card media toward students rational thinking skill. The research design was pretest-postest non equivalent group. Samples were X5 and X6 that was choosen by cluster random sampling method. The data of research were quantitative and qualitative. The quantitative data was taken from the average of pretest and posttest scores which statistically analyzed with t-test using SPSS 17.0 in 95% confidence levels. The qualitative data which was analyzed descriptively were students learning activities and students responses about applicating picture card media through cooperative learning model type Group Investigation. The result of the research showed that there was no significant effect of picture card media toward students rational thinking skill (tcounting (1,412) < ttable (1,671)). Most of student learning activities categorized as high average (76,57 %). Furthermore the students gave positive responses to this research.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir rasional siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-postest kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5dan X6 yang dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan postest dan dianalisis secara statistik melalui uji t dengan program SPSS 17.0 dengan taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir rasional siswa (thitung (1,412) < ttabel (1,671) ). Sebagian besar aktivitas belajar siswa berkriteria tinggi (76,57 %). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penelitian ini.
Kata kunci: group investigation, keterampilan berpikir rasional, media kartu bergambar
Full Text:
PDFReferences
Anwar. 2006. Pembelajaran Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.
Ariyanti, Asih B. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Depdiknas. 2006. Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilain Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Jakarta: Depdiknas-Diknasmen.
Muhidin, Sambas Ali. 2009. Konsep Efektivitas Pembelajaran. Diakses dari Http://sambasalim.com/pendidikan/konsep-
efektivitas-pembelajaran.html (1 Agustus 2012; 06.30 WIB).
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.
Jonassen, D.H. Instructional Design Models for Well-Structured and Ill-Structured Problem-Solving Learning Outcomes. Diakses dari http://www.webkelley.com (Rabu, 8 Desember 2013)
Kirkley, J. 2003. Principles for Teaching Problem Solving. Indiana: Indiana University.
Mitchell, M.G,Montgomery. H, Holder .H ,Stuard,D. 2008. Group Investigation as Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of Literature. Diakses dari http://ajer.synergiesprairies.ca/ajer/index.php/ajer/article/download/652/633 (Senin 8 November 2013).
Nurhayati , Ai Anita. 2008. Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kecakapan Berpikir Rasional Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. Jakarta: SIC.
Slavin R.E. 2008. Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Syaodih, Erliyani. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Budaya. Educare. Diakses dari http://educare.e-fkipunla.net.( Selasa, 10 Desember 2013)
Zinggaro,D.2008. Group Investigation: Theory and Practice. Diakses dari http://ajer.synergiesprairies.ca/ajer/index.php/ajer/article/download/652/633 (Senin 8 November 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.