PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA

Dwi Febri Hidayati, Pramudiyanti Pramudiyanti, Darlen Sikumbang

Abstract


The research objective was to know the influence of project besed learning model toward student’s material mastery. The design of the research was pretest-posttest group design. The sample of the research were the students of grade VIIb and VIIc of MTs Nurul Iman Sekincau that were chosen by using cluster random sampling technique. The research data were qualitative and quantitative data. The qualitative data were the description of students questionair comments. The quantitative data acquired from the mean test score that were analyzed used T-test and U-test. The research result showed that there was influence of that learning model with the mean of pretest score (7.64); posttest (47); and N-Gain (39,35). The mean of N-Gain analysis out come of each cognitif indicatore on C1 was 27.67 and C2 was 42.27. Learning using project based learning influence not significant toward students material mastery.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb dan VIIc yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling di MTs Nurul Iman Sekincau. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi angket tanggapan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-T dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran tersebut dengan rata-rata nilai pretes (7,64); postes (47); dan N-gain (39,35). Hasil analisis rata-rata N-gain setiap indikator kognitif pada C1 rata-ratanya sebesar 27,67 dan C2 sebesar 42,27. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning berpengaruh tidak signifikan terhadap penguasaan materi oleh siswa.

Kata kunci: organisasi kehidupan, penguasaan materi, project based learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Amanupunjo, F. 2012. Project Based Learning. (online) (http://www. falerieducation.blogspot.com /2012/03/project-based-learning. tanggal : 6-12-2012).

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi SMA. (online) (http://www.sasterpadu.tripod.com/sas_store/Biologi.Pdf. tanggal : 6-12-2012).

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Huda, A. 2009. Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. (online). (http://www.gatothp2000.wordpress. com/html. tanggal 11-01-2013).

Mahanal, S., E. Darmawan, A. Corebima, dan S. Zubaidah. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2. Malang : Universitas Malang.

Mahanal, S. & A.L. Wibowo. 2009. Penerapan pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Proyek untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, dan Sikap Siswa (Studi di SMAN 9Malang). Malang : Universitas Malang.

Mahira. 2012. Penerapan Model Project Based Learnig (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. (online). (http://repository.upi.edu. tanggal : 11-01-2013)

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyasa. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Y dan A.G Senduk. 2004. Pembelajaran Konstektual (Contextual teaching and Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. 2004. Malang : Universitas Negeri Malang (UM Press).

Riyanto, Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.

Susanti, E. 2008. Pendekatan Project Based Learning Untuk Pembelajaran Kimia Koloid di SMA. Sumut :Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.