KREATIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Annisa Solihah, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The objective of this research was to know the students’ activity and creativity in learning biologi using Project Based Learning (PBL) model. The research design used was single experimental treatment. The sample of this research were students of grade X of SMA Pembina Menggala that were taken by purposive sampling technique. The data of the research was qualitative data described, that were: students’ creativity, students’ product, students’ learning activity, students’ scoring questionnaire about other students’ product and students’ comment about PBL model. The result showed that most of students’ learning creativity categorized as “quite creative” (68,14%) in planning and making product, most of product made categorized as “valuable” (62,53%), and most of students’ learning activity categorized as “quite activity” (64,89%). So, it can be concluded that the students were “quite creative” in planning and making rubbish recycle product and “quite active” in learning using PBL model.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model Project Based Learning (PBL). Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental perlakuan tunggal. Sampel penelitian adalah seluruh siswa SMA Pembina Menggala kelas X yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif yang dideskripsikan, yaitu: kreativitas siswa, produk siswa, aktivitas belajar siswa, angket penilaian siswa terhadap produk siswa lainnya dan angket tanggapan siswa terhadap model PBL, yang dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas belajar siswa berkriteria “cukup kreatif” (68,14%) dalam perencanaan dan pembuatan produk, rata-rata produk yang dihasilkan berkriteria “bernilai” (62,53%), dan rata-rata aktivitas belajar siswa berkriteria “cukup aktif” (64,89%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa “cukup kreatif” merencanakan dan membuat produk daur ulang limbah dan “cukup aktif” dalam pembelajaran menggunakan model PBL.

 

Kata kunci :  aktivitas siswa, kreativitas siswa, model project based learning

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Baker, E., B. Trygg, P. Otto. 2011. Project Based Learning Model, Relevant Learning for The 21st Century. Pasific Education Institute.

BPS. 2013. Angka Pengangguran Indonesia. (online) http:/www.BPS.org.id/tenaga kerja/index/html. Diakses 9 Maret 2013.

Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Bandung : Rineka Cipta.

Mahanal, S. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal tidak diterbitkan. Malang.

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Mustaji. 2005. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. (online) http:/www.uns.ac.id/tp.art/html. Diakses 18 Februari 2013.

Rahmawati, T.D. 2010. Kompetensi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 2 Malang (Jurnal). http:/www.fkip.unimal.ac.id/jurnal/index/html. Diakses 18 Februari 2013.

Roestiyah N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman M.A. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Rajawali.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus (Edisi Revisi). Jakarta : PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.