PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This experiment aimed to find out the use of the media image toword students activity and students learning result. The research designs was non equivalent pretest – posttest. The research sample were students in X1 and X2 class that was selected by purposive sampling technique. Data of the research were qualitative and quantitative. The qualitative data was gotten by students learning activity and questionnaire that was analyzed descriptively. The quantitative data were the average score of test, that was analyzed by t-test and U-test. The result showed that the students learning activity improve, expression (64.96), asking question (65.05), they were teamwork (77.42), exchanging information (82.26) and observation result presentation/group (75.46). The students learning outcomes also develop, with N-gain average score was 58.00. It was mean, that the use of the media images impact the increased students activity and students learning result.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mengemukakan pendapat/ide (64,96), bertanya (65,05), bekerjasama dengan teman (77,42), bertukar informasi (82,26), dan mempresentasikan hasil diskusi (75,46). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain 58,00. Dengan demikian, penggunaan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media gambar
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ayuningtiyas, N. 2012. Penggunaan media visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA tentang struktur permukaan bumi (penelitian tindakan kelas di kelas V SDN Cikutra 2 Bandung semester II tahun pelajaran 2011-2012). Skripsi Jurusan geografi UPI Bandung. Tidak diterbitan.
Efrildasari. 2008. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative learning teknik two stay two stray (TSTS) di SMP N 29 Bandar Lampung.Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Evi. A. R. 2008. Pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VII pada materi pokok sistem pencernaan manusia (studi quasi eksperimen pada siswa kelas vii smp negeri 3 bandar lampung semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hamalik, O. 2008. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan system. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamzah. 1987. Media Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Kusmiati, W. 2012. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS melalui bantuan media visual (PTK di kelas IV SDN Pasirmaris kec. Cibeber kab. Cianjur pada materi bentuk-bentuk kegiatan ekonomi). Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Sadiman, A. S, Anung Haryono, Rahardjo. S. dan R. Rahardjito. 2008. Media pendidikan.CV Rajawali.Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.